HeadlineNasionalPalembangPendidikanSUMSEL

Penyelenggara Program RPL, Mendikbudristek RI Pilih UBD

 PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – niversitas Bina Darma (UBD) Palembang terpilih menjadi penyelenggara program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) oleh Mendikbudristek, untuk permudah masyarakat melanjutkan kuliah. Masyarakat khususnya di Sumatera Selatan (Sumsel) yang sempat terputus dalam menimba ilmu pendidikan dan ingin melanjutkan kuliah, kini dengan mudah bisa mendaftar melalui jalur RPL di UBD Palembang.

RPL merupakan penyetaraan akademik atas pengalaman kerja, dan pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi, di berbagai program studi di UBD Palembang.

RPL menjadi implementasi pembelajaran sepanjang hayat (life – long learning) untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja terdidik dan berkeahlian. Selain itu, RPL jug memberikan kesempatan bagi masyarakat luas yang memiliki pengalaman kerja, untuk mendapatkan pendidikan tinggi.
Melalui asesmen, capaian pembelajaran yngg diperoleh yang didapatkan dari pengalaman kerja dan atau pelatihan bersertifikasi ditetapkan menjadi raihan satuan kredit semester (SKS) dalam bentuk mata kuliah. Jumlah mata kuliah yang diperoleh adalah adalah 40 mata kuliah. Kekurangan kredit selanjutnya dipenuhi melalui proses perkuliahan sesuai dengan kurikulum program studi Universitas Bina Darma.

Syarat pengusul RPL adalah lulusan SMA/sederajat dan atau memiliki pendidikan nonformal, informal dan atau pengalaman kerja. Biaya Pengajuan RPL yakni pendaftaran sebesar Rp300.000, asesmen/penilaian sebesar Rp300.000, rekognisi pengakuan SKS biaya Rp400.000 per SKS untuk pascasarjana, Rp300.000 untuk S-1 dan 250.000 untuk vokasi.

Tips memilihi Program Studi yang tepat sesuai pengalaman kerja dan bukti portofolio. Untuk informasi selanjutnya, masyarakat bisa mendatangi langsung Universitas Bina Darma dibagian pendaftaran. Untuk memperoleh rekognisi pengakuan SKS yang lebih banyak sehingga mempersingkat waktu kuliah serta memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun.(www.binadarma.ac.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *