HeadlineNasionalPalembangPendidikanSUMSEL

Pendampingan dan Penguatan Pengelolaan Rumah Dataku Kampung KB Cempaka Sei Jawi Kalidoni: Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat Universitas IGM

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi dilaksanakan oleh Tim Universitas IGM selama tiga kali pelaksanaan, yaitu pada tanggal 21 September 2023, 25 September 2023, dan 4 Oktober 2023, di Rumah Dataku Kampung KB Cempaka Sei Jawi Kalidoni. Kegiatan PkM ini mendapatkan pendanaan dari Kemendikbudristek melalui Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PkM) tahun 2023 yang diketuai oleh Dr. Tien Yustini, SE., M.Si., CIRR., CLMA, dengan anggota tim, Atidira Dwi Hanani, S.K.M., M.K.M., Endah Dewi Purnamasari, SE., M.M., dan Dr. Endy Agustian., S.T., M.Eng. Pelaksanaan kegiatan ini disesuaikan dengan permasalahan yang dihadapi oleh Kampung KB Cempaka, berupa penyelenggaraan rumah data yang belum memadai, serta kapabilitas dan keterampilan kader yang masih perlu ditingkatkan.

Kegiatan PkM ini mendapat sambutan yang sangat baik dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Selatan, beserta Ketua Kampung KB Cempaka Sei Jawi, Kecamatan Kalidoni, Bapak Hendy. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih kurang 20 orang pengurus, pengelola, dan kader Kampung KB Cempaka yang terselenggara dalam tiga kali pelaksanaan. Para peserta menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti rangkaian pelatihan kegiatan PkM tersebut. Pada pelatihan pertama yang dilaksanakan pada tanggal 21 September 2023, hadir sebagai narasumber Ibu Rifkah Amalia, SKM, Penyuluh KB Kecamatan Kalidoni, BKKBN Provinsi Sumatera Selatan. Beliau memberikan materi tentang pengelolaan Rumah Dataku dan Pendampingan Praktik Pengelolaan Rumah Dataku, yang mencakup cara mengumpulkan data, cara mengolah data, cara menyajikan data, dan menata dokumen data.

Menurut Dr. Tien, Ketua Kegiatan Program PkM, tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah memberikan pemahaman tentang pengelolaan rumah data dengan judul materi pelatihan “Penyelenggaraan Peningkatan Kualitas Rumah DataKu Paripurna di Kampung Keluarga Berkualitas.” Indikator keberhasilan pelatihan ini adalah tertib administrasi pengelolaan data kependudukan dan penataan dokumen data yang baik dan menarik untuk dibaca.

Selanjutnya, menurut Dr. Endy Agustian, selaku Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas IGM Palembang, pelatihan pengelolaan Rumah Dataku dilakukan dengan metode ceramah dan praktek langsung. Sebelum materi disampaikan, peserta diberikan kuesioner pre-testyang bertujuan untuk mengukur pemahaman mereka tentang pengelolaan Rumah Dataku. Setelah pelatihan selesai, peserta juga diberikan kuesioner post-test untuk mengukur pemahaman yang telah diperoleh. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih lanjut kepada masyarakat dalam mengelola Rumah Dataku, sehingga terwujud manajemen data yang baik di Rumah Dataku tersebut.

Selanjutnya, Endah DewiPurnamasari, SE., M.M., selaku Dosen Program Studi Manajemen dan Koordinator Lapangan kegiatan PkM, menjelaskan bahwa selain memberikan pelatihan, tim juga memberikan bantuan berupa material bangunan dan perlengkapan lainnya untuk memperbaiki ruang Rumah Dataku, sarana prasarana, dan peralatan Rumah Dataku seperti lemari dokumen, meja, kursi kerja, kursi plastik, serta peralatan lain yang diperlukan untuk kegiatan pelatihan. Penyerahan bantuan ini dilaksanakan pada tanggal 25 September 2023. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan Rumah Dataku menjadi lebih layak dan memenuhi standar yang diperlukan.

Endah juga menjelaskan bahwa pada pelaksanaan kegiatan selanjutnya, Kader Kampung KB Cempaka juga mendapat pelatihan dan Pendampingan berupa Praktek Pengurusan Surat serta pengelolaan data yang dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2023. Materi pada kegiatan ini disampaikan oleh Narasumber Ir. Yulia, Korwil KB Kecamatan Kalidoni, dari Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan.Pada sesi ini, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dan mampu mengikuti pelatihan dengan baik dimulai dari materi terkait surat menyurat yang dibutuhkan dalam proses administrasi di rumah dataku, serta mampu menyajikan data dalam bentuk grafik dan bagan.

Lebih lanjut, Atidira Dwi Hanani, S.K.M., M.K.M., Dosen Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Universitas IGM, menambahkan bahwa dalam kegiatan ini melibatkan mahasiswa Program Studi K3 yakni Muhammad Rizki Qusyahiri, Sherina Dwi Lestari, dan Erika Febrian. Atidira menjelaskan bahwa tujuan kegiatan PkM ini adalah untuk meningkatkan keterampilan Pengurus, Pengelola, dan Kader Kampung KB Cempaka dalam mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data kependudukan di Rumah Dataku. Dengan demikian, kegiatan ini dapat mewujudkan tertib pencatatan data dan informasi dalam buku-buku register di Rumah Dataku. Pelaksanaan PkM ini juga merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang memungkinkan mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan di luar kampus dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Dengan demikian, melalui kegiatan ini secara tidak langsung memberikan pengalaman kuliah di luar kampus bagi Mahasiswa sekaligus menerapkan materi yang didapat di perkuliahan kepada masyarakat.Semua upaya ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan kemampuan pengelolaan data kependudukan dan memajukan Rumah Dataku Kampung KB Cempaka Sei Jawi, Kecamatan Kalidoni. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *