Pemkab Banyuasin Gelar Apel Kesiapsiagaan Antisipasi Karhutla

BANYUASIN, MEDIA SRIWIJAYA — Dalam upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Banyuasin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuansin menggelar Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Kebakaran Hutan, Kebun, dan Lahan, Rabu (20/6) di Halaman Kantor Bupati Banyuasin.

Dalam apel tersebut, dilakukan penandatanganan kesepakatan MOU dengan staekholders terkait, yang dipimpin Wakil Bupati Banyuasin Slamet Somosentono, dihadiri Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan, Komadan Apel Kapten Inf Hasidin Pasi Log Kodim 0430, dan Perwakilan Perusahaan.

Kepala BPBD Kabupaten Banyuasin mengatakan, untuk meningkatkan Kesiapsiagaan personil dan peralatan dalam pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan tahun 2021. Optimalisasi peran, tugas dan fungsi tanggung jawab masing-masing OPD terkait.“Mengajak seluruh komponen bangsa khususnya Kabupaten Banyuasin untuk melakukan gerakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam lainnya mulai dari pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan media massa,” ujarnya.

Wakil Bupati Banyuasin Slamet Somosentono mengatakan, Pemkab Banyuasin akan mengambil langkah-langkah kongkrit yaitu segera lakukan inventarisasi terhadap Lahan-lahan yang berpotensi menimbulkan kebakaran agar segera diverifikasi untuk segera dimanfaatkan sesuai dengan rekomendasi yang telah disarankan.”Jangan dibiarkan terbengkalai terlalu lama sehingga berpotensi menjadi penyebab kebakaran,” ujar Wabup

Lanjut Slamet, segera diselesaikan permasalahan konflik yang menyangkut status kepemilikan lahan dan tapal batas antara perusahaan dengan masyarakat untuk segera dilakukan pengelolaan oleh masyarakat jika itu merupakan hak masyarakat, dikelola oleh perusahaan jika termasuk dalam konsesi atau izin usaha perusahaan atau, dikerjasamakan dengan pihak lain.

Selanjutnya, masih kata Wabup dalam mengantispasi dan mencegah serta penanggulangan Karhutla, Pemkab Banyuasin telah mengeluarkan Keputusan Bupati Nomor 322/KPTS/BPBD 2021 tentang Penetapan Status Keadaan Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan di Kabupaten Banyuasin Tahun 2021. Untuk itu setelah apel siaga ini, kami mengharapkan seluruh pemangku kepentingan di Bumi Sedulang Setudung ini, agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi terkait penanganan Karhutla di Kabupaten Banyuasin.“Kami minta kepada seluruh petugas baik itu petugas pemadam kebakaran, petugas penanggulangan bencana daerah, masyarakat Peduli Api, Tim RPK dari Perusahaan, agar tetap siaga dan memastikan peralatan sudah siap siaga setiap saat,” tandasnya. (ydp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.