HeadlineNasionalPalembangSUMSEL

Pembukaan Rakor Dukungan Manajemen, Kemenkumham Sumsel Siap Dukung Percepatan Program

JAKARTA, MEDIASRIWIJAYA – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian Program Dukungan Manajemen Tahun 2023 yang diagendakan pada tanggal 16 sampai dengan tanggal 19 Juli 2023 di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto menyampaikan pengarahan sekaligus membuka secara resmi kegiatan. Ia menekankan bahwa salah satu faktor utama keberhasilan organisasi adalah pengendalian. “Maka kendalikanlah dengan baik apa yang telah kita rencanakan. Sesuatu yang tidak bisa diukur, tidak akan bisa dikendalikan.Bahwa pengendalian dimulai dari perencanaan. Kenali dahulu apa yang menjadi tugas kita. Ukur performa, buat target lebih terukur, bantu akuntabilitas, dan tingkatkan semangat kerja,” ujarnya.

Jenderal Polisi Bintang 3 itu menjelaskan sistem pengendalian manajemen merupakan sistem dalam menentukan penerapan strategi dan upaya capai tujuan organisasi melalui fungsi pengendalian setiap aktivitas yang terjadi. Secara rinci, Andap menggambarkan skema kerja instansi menggunakan diagram tulang ikan atau fishbone. Hal ini untuk melakukan analisis terhadap setiap permasalahan yang dihadapi. “Dengan menggunakan diagram ini, kita bisa melakukan analisis terhadap akar penyebab suatu permasalahan dan menemukan solusi yang cepat, tepat dan terukur,” jelasnya.

Andap menggambarkan bahwa setiap bagian dari diagram tersebut memiliki proses, ruang lingkup, unsur-unsur penting, hingga sistem pengendalian dalam pelaksanaan tusi sehari-hari.”Hal ini diharapkan dapat menghasilkan capaian yaitu terbentuknya peraturan terkait perencanaan dan keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM), Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dan Barang Milik Negara (BMN), serta berjalannya program dukungan manajemen di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM secara menyeluruh,”kata Andap.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya, didampingi Kepala Divisi Administrasi, Idris, yang hadir secara langsung sangat mendukung kegiatan rakor ini. “Melalui rakor dukungan manajemen ini, kami berharap dapat semakin membangun budaya kerja yang berorientasi integritas, efektif dan efisien guna percepatan program mendukung Kemenkumham Semakin Maju Menuju Indonesia Maju,” ujar Ilham.

Kegiatan Pembukaan Rapat Koordinasi Pengendalian Dukungan Manajemen Kementerian Hukum dan HAM tahun 2023 ini juga dirangkaikan dengan Pembukaan Kick off Massive Open Online Course (MOOC). MOOC adalah aplikasi media pembelajaran online yang membahas berbagai materi tentang Hukum dan HAM yang dapat diakses oleh seluruh pegawai Kementerian Hukum dan HAM. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *