EkonomiHeadlineNasionalNUSANTARAPalembangSUMSEL

Pekan QRIS Nasional Digital Kito Galo Tahun 2023 Berlangsung Meriah

Keterangan foto: Pemukulan gong tanda dimulainya Pekan QRIS Nasional Digital Kito Galo 2023.

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan membuka Pekan QRIS (Quick Response Indonesia Standard) Nasional di Palembang, Selasa 15 Agustus 2023 . Pelaksanaan Pekan QRIS Nasional atau PQN, Digital Kito Galo 2023 dari BI Sumsel berpusat di Palembang Indah Mall berlangsung meriah, Selasa (15/8).

Keterangan foto: Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Ricky P Gozali saat memberikan sambutan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Ricky P Gozali dalam laporannya menyebutkan secara detail kinerja pertumbuhan ekonomi Sumsel yang menduduki peringkat pertama di Sumatera. Bergesernya perilaku masyarakat dalam bertransaksi menuntut layanan keuangan serba cepat, mudah, murah, dan aman dalam memfasilitasi aktivitas perekonomian. Hal ini dapat dipenuhi, salah satunya melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang memiliki karakteristik Universal, Gampang, Untung, dan Langsung (Unggul. “Perkembangan penggunaan QRIS di Sumatera Selatan hingga Juni 2023 tercatat terus meningkat. Nominal transaksi melalui QRIS tercatat tumbuh 197,66% year on year sebesar Rp187,04 miliar. Sejalan dengan hal tersebut, volume transaksi QRIS juga tercatat sebanyak 1,20 juta transaksi atau tumbuh 62,29% year on year. Demikian halnya dengan jumlah merchant di Provinsi Sumatera Selatan yang masih mengalami pertumbuhan sebesar 50,64% (yoy). Tahun ini ditarget 494.434 penambahan user QRIS baru dan 13.429.775 volume transaksi,” ujarnya seraya menambahkan bahwa  Per Juni 2023 tercatat 51.068 penambahan user baru atau mencapai 51,88% dari target.

Sementara itu, volume transaksi hingga Juni 2023 tercatat 8.647.106 transaksi atau sebesar 64,39% dari target. “Sebagai upaya mendorong penggunaan QRIS, BI menggelar pekan QRIS nasional tanggal 15- 20 Agustus di Palembang Indah Mall untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat terhadap digitalisasi sistem pembayaran termasuk menjadi stimulus inovasi di bidang ekonomi keuangan digital yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Sumsel. Launching Mall SIAP QRIS dan berbagai kegiatan menarik lainnya seperti talkshow, rangkaian lomba mulai dari cheerleading championship, bankers idol, stand up comedy, lomba mewarnai anak, fashion show, IG reels, hingga photo competition,” tuturnya.

Keterangan foto: Gubernur Sumsel dalam sambutan tertulisnya yang dalam hal ini diwakili Kabiro Perekonomian Setda Prov Sumsel Henky Putrawan, S.Pt., M.Si.

Gubernur Sumsel dalam sambutan tertulisnya yang dalam hal ini diwakili Kabiro Perekonomian Setda Prov Sumsel Henky Putrawan, S.Pt., M.Si mengatakan ekonomi dan keuangan digital diharapkan dapat bangkitkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Sumsel. “Kegiatan ini jadi sarana edukasi bagi masyarakat. Pemprov Sumsel sangat mengapresiasi kegiatan ini,” ujarnya.

Keterangan foto: Anggota Komisi XI DPR RI  Fauzi Amro saat sambutan. 

Mitra Bank Indonesia, Komisi XI DPR RI yang datang langsung ke lokasi acara, Bapak Fauzi Amro pun mengapresiasi kegiatan ini. “Kawasan Palembang beberapa titik belum masif QRIS sehingga ini tugas BI Sumsel untuk memasifkannya. Pertumbuhan ekonomi Sumsel sangat luar biasa di atas rata-rata nasional. Pertumbuhan ini sangat luar biasa. Selamat buat Pak Gubernur dan jajarannya. Saya apresiasi kegiatan Pak Ricky walau baru 2 minggu bertugas di BI sini bisa melaksanakan kegiatan seperti ini. Saya mengapresiasi. Mudah-mudahan kerjasama BI dengan Komisi XI terus berlanjut. Wujudkan semangat 45. QRIS-nya satu untungnya banyak,” ujar Fauzi Amro.

 

Pekan QRIS Nasional Digital Kito Galo 2023 di antaranya diisi dengan Lomba Cheerleaders dengan peserta siswa dan Siswi SMA, Lomba Fashion Show dengan peserta siswa dan siswi SD, Lomba Mewarnai dengan peserta Siswa dan siswi TK, Lomba Bankers Idol dengan peserta Bankers, Stand up comedy dengan peserta umum, Lomba IG Reels dengan peserta umum dan Photo Competition dengan peserta umum.

Keterangan foto: Kepala BI Sumbagsel Ricky P Gozali menyerahkan piagam penghargaan kepada Manager PIM terkait Launching Mall SIAP QRIS.

Secara umum, BI Sumsel menyiapkan 5 kegiatan utama selama Pekan QRIS Nasional atau PQN, Digital Kito Galo 2023 di Palembang yang bertujuan mensosialisasi penggunaan cara bayar digital, sebagai berikut Sosialisasi dan Edukasi QRIS, Onboarding user dan merchant QRIS, Showcase QRIS, Hiburan dengan menghadirkan artis nasional Arman Maulana, serta Digital Kito Galo 2023 di Palembang dan Perlombaan. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *