HeadlineinternasionalNasionalNUSANTARAPalembangPendidikanSUMSEL

Menuju Kampus Go Internasional, UPGRIP Gelar Seminar Internasional

Keterangan foto: Rektor UPGRIP Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR sambutan.

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Komitmen Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) dengan Tagline “Melaju Dengan Mutu” terus bergaung ke manca negara, Go Internasional. Dengan semangat sebagai Cyber University, UPGRIP bahkan terus melakukan berbagai terobosan Internasional dengan melakukan berbagai kerjasama Internasional. Bahkan, kali ini UPGRIP di bawah kepemimpinan Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR untuk kedua kalinya menggelar International Conference Education 2023 dengan tema Transformation, Sources, Reconstruction, Utilization and Treatment of New Era Education di Ballroom Hotel Beston, Palembang, Jumat (24/6/2023).

Keterangan foto: Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc (Kepala LLDikti Wilayah II) 

Seminar Internasional ini dibuka langsung oleh . Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc (Kepala LLDikti Wilayah II) dengan menghadirkan lima narasumber yang profesional. Kelimanya adalah
Prof. Dr. Unifa Rosyidi, M.Pd, Assoc. Prof. Dr. M. Fazli Taib (UPSI), Prof. Linda Evans, M.A.,Ph.D (University of Manchester), Prof. Lucasz Tomcyzk, Ph.D, (Jegiellonian University, UJ Polandia) dan Dr. Muhammad Kristiawan, M.Pd. (Universitas Bengkulu-Indonesia).

Keterangan foto: Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof. Dr. Unifa Rosyidi, M.Pd.

Turut hadir dalam Pembukaan 2nd International Conference on Education PGRI Palembang 2023 tersebut Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof. Dr. Unifa Rosyidi, M.Pd., Ketua PGRI Provinsi Sumatera Selatan H. Ahmad Zulinto, S.Pd., M.M., Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H., Wakil BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Drs. H. Lukman Haris, M.Si., Rektor UPGRIP, Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si, CIQaR, Wakil Rektor 1, II dan III, para Kabiro, Dekan FKIP UNILA, Prof Sunyono, para Dekan, Direktur Pascasarjana, para Ketua Program Studi di lingkungan UPGRIP serta tamu undangan lainnya. “Setelah sukses di 1st Internasional Conference 2021 lalu dengan lebih dari 40 negara, hari ini UPGRIP gelar untuk kedua kalinya di tahun 2023. Dan ini dalam rangka UPGRIP menuju kampus Go Internasional. Jadi Kampus Melaju Dengan Mutu dan Cyber University tidak hanya sekadar motto tapi kita wujudkan,” ujar Rektor UPGRIP, Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si , CIQaR dalam keterangan persnya.

Seminar Internasional ini momen yang sangat baik, karena sebagian besar narasumber dari luar negeri seperti Inggris dan Polandia bahkan juga dari US serta peserta yang berasal dari Philipina dan Malaysia. Rektor UPGRIP menambahkan bahwa untuk menuju Kampus Go Internasional banyak hal yang harus ditempuh. Salah satunya adalah bagaimana terus menggelar Seminar Internasional, kerjasama internasional, program internasional dan berbagai hal lain sebagaimana motto UPGRIP sebagai Cyber University. “Seminar Internasional semacam ini akan terus kita lakukan, nanti di 2025 kita akan gelar untuk yang ketiga,” tuturnya.

Senada dengan itu Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Prof. Dr. Unifa Rosyidi, M.Pd sangat mengapresiasi UPGRIP yang telah menggelar International Conference on Education 2023 dengan tema Transformation, Sources Reconstruction, Utilization and Treatment of New Era of Education. Apalagi tema yang diangkat sangatlah menarik dengan kondisi saat ini yang seharusnya para guru memang harus terus merespon perubahan. Percepatan teknologi di era saat ini menuntut guru harus mengimbangi bagaimana kompetensi guru yang dibutuhkan saat ini. “Kita semua para guru memang harus memiliki kesadaran bersama. Dan kampus memiliki tanggung jawab untuk mendorong guru untuk belajar bersama supaya kelak para guru tidak tergantikan oleh teknologi,” terangnya.


Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc sangat mengapresiasi dan menilai Seminar Internasional yang digelar Universitas PGRI Palembang sangat baik , dan berharap mutu dan kualitas Universitas PGRI ini terus meningkat sehingga mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan dapat berkontribusi positif menyumbangkan ilmu pengetahuan khusunya di Sumatera Selatan

Ketua PGRI Sumsel, H Ahmad Zulinto,S.Pd. M.M, mengatakan pihaknya sangat mendukung adanya Seminar Internasional ini. Ia menjelaskan saat ini, era digitalisasi sangat penting bagi guru terutama dalam memajukan dunia pendidikan, Digitalisasi sudah mendunia dan kita harus memahami era 5.0 yang harus berjalan dan semua guru, dosen, mahasiswa berjalan dan harus mengikuti ini. ” Banyak negara turut andil dalam Seminar Internasional ini. Tentunya banyak ilmu yang akan kita serap dari kegiatan ini,” ungkap Zulinto.
Di tempat yang sama Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H. mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan Seminar Internasional yang digelar Universitas PGRI yang kedua tahun 2023 ini, sesuai dengan tuntutan bagi mahasiswa strata dua (S2) yang harus mengikuti atau mempublikasikan karya tulis ke jurnal Internasional. Kepada seluruh narasumber baik dari dalam negeri maupun luar negeri, saya ucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya atas kesediaan dan waktu Saudara untuk mengisi seminar pendidikan internasional ini. Dan kepada seluruh peserta Seminar Pendidikan Internasional, kiranya dapat aktif dan produktif dalam mengikuti seminar ini, sehingga apa yang diperoleh dari kegiatan ini pada saatnya dapat diimplementasikan serta bermanfaat bagi individu, lembaga dan masyarakat.


Sementara itu, Ketua Pelaksana International Conference on Education 2023 yang juga Dekan FKIP UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd., CIQaR mengatakan bahwa Seminar Internasional menghadirkan dua narasumber dari Indonesia dan tiga narasumber dari luar negeri.

Total peserta sendiri sekitar 315 orang terdiri dari pemakalah dan peserta. Dan memang peserta dibatasi karena keterbatasan venue yang menjadi tempat International Conference on Education 2023 ini. Sementara tema yang diambil adalah Transformation, Sources Reconstruction, Utilization and Treatment of New Era of Education. “Tujuan dari International Conference ini adalah berkumpulnya para peneliti, profesional atau pemakalah untuk menyampaikan hasil riset atau artikel-artikel dalam rangka menambah khasanah perkembangan pendidikan saat ini,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *