HeadlinePalembangPendidikanSUMSEL

Mahasiswa UKMC Luncurkan Program Eco Enzyme untuk Mendukung Kualitas Lingkungan Hidup

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Lingkungan merupakan aspek vital yang mendukung kehidupan manusia dengan interaksi kompleks antara makhluk hidup dan komponen lainnya. Namun, kondisi lingkungan saat ini memerlukan perhatian dan tindakan nyata mengingat adanya masalah polusi yang meliputi udara, air, dan tanah. Kondisi ini tidak hanya memerlukan waktu yang lama untuk pemulihan, namun juga menurunkan kualitas lingkungan secara signifikan.

Menyadari pentingnya menjaga lingkungan, mahasiswa Universitas Katolik Musi Charitas (Unika Musi Charitas) meluncurkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam program AYO projek 2024. Pada awal Maret 2024, mereka mengunjungi Sekolah Dasar Karya Dharma Bhakti 01 Palembang untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Kegiatan ini dipimpin oleh mahasiswa Ruben B. E. Napitu, Dhea Agnesia, Marselin, dan Della Natalia Sondakh, dengan bimbingan dari kakak pendamping Rizki Fatricia Purba dan dosen pendamping Lilik Pranata, S.Kep., Ns., M.Kes. Dalam kegiatan ini, mereka bekerjasama dengan wali kelas Ibu Santi Novalia, SKM., S.Pd, dan Kepala Sekolah Bapak Damar Supanggih, S.Pd.

Acara dimulai dengan tes sebelumnya dan sesudahnya untuk mengevaluasi pemahaman siswa tentang pembuatan Eco Enzyme, yang kemudian diikuti dengan permainan pendidikan dan pemaparan materi. Mahasiswa juga melakukan simulasi langsung dalam pembuatan Eco Enzyme dan memberikan panduan kepada siswa secara personal. Eco Enzyme sendiri merupakan produk dari pengelolaan limbah organik yang memiliki banyak manfaat, seperti pupuk alami untuk tanaman dan bahan pembersih alamiah. Namun, perlu diingat bahwa penggunaannya harus dalam dosis yang tepat agar tidak merugikan tanaman.


Hasil dari kegiatan ini diyakini dapat meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya menjaga lingkungan hidup, mendorong partisipasi mereka dalam mendukung kelestarian lingkungan, dan membentuk kebiasaan hidup yang lebih ekologis. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli dan aktif dalam menjaga keberlangsungan lingkungan untuk masa depan yang lebih baik. (daris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *