HeadlineNasionalNUSANTARAPalembangSUMSELTNI

Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Tahun 2022, 8 Pesawat Tempur F-16 Tiba di Palembang

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Delapan pesawat tempur F-16 dengan kekuatan 88 personel, dari Skadron Udara (Skadud) 16 Lanud Roemin Nurjadin Pekanbaru Riau. Tiba di di Base Ops Pangkalan TNI AU Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang dalam rangka menjalani Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Tahun 2022, Jumat (26/8) pukul 15.00 Wib.

Rombongan disambut langsung oleh Kolonel PNB Sigit Gatot Prasetyo, M.M.O.A.S Komandan Lanud SMH, rencananya latihan Matra Udara II Jalak Sakti, Koopsud I, Hardha Marutha I dan Gwa Wijaya Kopasgat Tahun 2022, ini akan berlangsung dari tanggal 28 Agustus hingga tanggal 30 Agustus 2022.

Komandan Lanud SMH, Kolonel PNB Sigit, menuturkan jika latihan tersebut sebuah kehormatan bagi Bumi Sriwijaya. Sedangkan tujuan dari pelatihan Matra II ini berguna untuk meningkatkan dan mengukur sejauh mana kesiapan oprasional satuan-satuan yang ada di jajaran Koopsud I. “Suatu kehormatan bagi kita warga Bumi Sriwijaya, kita kedatangan tamu tamu kehormatan dari Lanud Roemin Nurjadin Pekanbaru dan Koopsudnas dalam rangka melaksanakan latihan Matra II Jalak Sakti 2022 dengan latihan- latihan lain,” ungkapnya.

Dikatakan Danlanud SMH, mengingat tingkat ancaman dan gangguan yang ada di Koopsud I cukup dinamis dan sklasi sangat tinggi, dengan adanya latihan ini dapat menciptakan kerjasama dan koordinasi dalam menjalankan tugas di Koopsud I. “Latihan ini di bawah kendali Koopsud I, yang mana Koopsud I di bawah kendali Koopsudnas, untuk latihan sudah dilaksanakan geladi posko dari tanggal 25 hingga tanggal 28 Agustus, kemudian dilanjutkan dengan  manuver lapangan dari tanggal 28 hingga tanggal 30 Agustus, pelaksanaannya pada tanggal 30 Agustus,” jelasnya.

Sementara itu, Kolonel PNB Anjar Legowo, Paban III Lat Sops Koopsudnas, menuturkan skenario latihan Jalak Sakti Tahun 2022, jika dalam latihan ini dimana pesawat F-16 dalam oprasi udara melakukan penghancuran target dipermukaan di daerah Lampung. Pesawat F – 16 akan terbang dari satu tempat ke tempat lain untuk menghancurkan target. “Kami di sini sebagai wasit dan pengendali pesawat F – 16 dimana dalam latihan Matra II Koopsud I, yang akan kita saksikan nanti adalah sebuah rangkaian oprasi udara, sebuah penghancuran sebuah target di permukaan di Lampung,” ujarnya.

Sedangkan Mayor PNB Bambang Aulia Yudhistira, Komandan Skadud 16 Lanud Roemin Nurjadin Pekanbaru Riau, menjelaskan dalam latihan ini Skadud 16 mendapat tugas menghalau serangan musuh dan menghancurkan target di daratan. Skadud 16 menghadirkan 8 pesawat F -16 dengan kekuatan 88 personel. “Skadud 16 dalam latihan ini diberikan beberapa tugas, menghalau serangan musuh dari udara dan menghancurkan sasaran di darat, bentuk sasaran sudah dipilih nanti akan dihancurkan oleh pesawat F – 16, latihan ini untuk mengukur kemampuan dari F –  16 sendiri untuk dipraktekan dalam latihan Jalak Sakti ini. Untuk pesawat dari Skadud 16 ada sebanyak 8 unit pesawat F-16 dengan personel 88, personel terdiri dari penerbang dan run way, kami bahu membahu selain kami menerbangkan pesawat tapi ada kru -kru di balik layar yang menyiapkan pesawat,” ujarnya. (Ly)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *