Kolaborasi Unika Musi Charitas dan SMK Negeri 1 Sungai Menang, Pentingnya Pendampingan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) bagi Guru SMK

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – SMA Negeri 1 Sungai Menang merupakan salah satu SMK yang yang berada di daerah perbatasan Lampung. SMK terdiri dari beberapa jurusan yaitu Teknik komputer dan jaringan dan Asistensi Keperawatan. Kebutuhan akan pendampingan AKM sudah beberapa bulan terakhir sering terdengar sebagai pengganti UN. Tak hanya itu, pemerintah pun menyiapkan link khusus tentang AKM https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/an/. Inilah yang menginspirasi tim dosen Unika Musi Charitas untuk memberikan pendampingan kepada guru-guru SMK.
“SMK Negeri 1 Sungai Menang masih belum banyak mendapatkan pendampingan tentang AKM, kendatipun pelaksanaan AKM sendiri sudah mulai diimplementasikan di sekolah kami” ujar Dr. Bambang Riyanto, S.Pd., M.Pd. Kepala SMK Negeri 1 Sungai Menang. Kepala SMK Negeri 1 Sungai Menang ini mengatakan bahwa guru-guru membutuhkan pendampingan tentang AKM. Berdasarkan analisis kebutuhan tersebutlah, tim PKM Unika Musi Charitas berinisiatif melaksanakan kegiatan pendampingan AKM. Kegiatan PKM kali ini diketuai oleh B A Indriasari, S.Pd., M.Pd. Pelaksanaan kegiatan dilakukansecara daring via zoom cloud meetingpada tanggal 3 September 2021. Kendatipun dilaksanakan secara daring, semangat para guru pun tetap berapi-api mengikuti serangkaian kegiatan pendampingan AKM ini secara keseluruhan
Di awal kegiatan pendampingan diawali dengan pembukaan dari ketua PKM. Kegiatan pendampingandiakomodir oleh 5 orang dosen yang memaparkan sesi dengan berbagai topik yang beragam yang dipaparkan oleh tiap dosen” ujar Indriasari, M.Pd. Sesi awal diawali oleh Rm. Gunadi Emmanuel yang membahas tentang Merdeka Belajar. Setelah mengenal tentang Kampus Merdeka, narasumber kedua memaparkan tentang pentingnya (AKM) oleh Dr. Ian Kurniawan, M.Eng. Dilanjutkan dengan materi bentuk-bentuk soal “Literasi pada AKM” dipaparkan oleh Ira Irzawati, M.Pd. Topik keempat dibahas secara mendalam oleh Lisnani, M.Pd., tentang Numerasi pada AKM”. Di penghujung kegiatan materi yang disampaikan membahas tentang Evaluasi pada AKM yang dikaji secara mendalam oleh B.A Indriasari, M.Pd. Selama kegiatan berlangsung, tim dosen dibantu oleh seorang mahasiswa dari program studi Informatika yaitu Andreas Preasetio.
Selama proses kegiatan berlangsung, peserta tampak antusias mengikuti kegiatan dan peserta bertanya tentang bentuk-bentuk soal literasi dan numerasi kepada narasumber. Tak hanya itu, baik narasumber dan peserta berinteraksi terutama ketika salah seorang narasumber memberikan pertanyaan terkait AKM numerasi. Kolaborasi antara tim dosen Unika Musi Charitas dan SMK Negeri 1 Sungai Menang menjadi respon positif bagi pihak SMK Negeri 1 Sungai Menang. Pihak SMK Negeri 1 Sungai Menang mengharapkan adanya kerjasama yang berkesinambungan kedepannya baik bagi guru dan siswa guna kemajuan guru dan siswa di SMK Negeri 1 Sungai Menang.
Di akhir kegiatan, pihak mitra mengekspresikan betapa senangnya mereka dengan pendampingan yang dapat meningkatkan pengetahuan guru-gurunya terkait AKM. Pihak mitra mengharapkan kerjasama berkelanjutan di masa mendatang bersama tim PKM Unika Musi Charitas” ujar Juriah selaku wakil kepala SMK Negeri 1 Sungai Menang. (daris)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *