HeadlineHukum&KriminalKODAM II SRIWIJAYAPalembangSUMSELTNI

Kemenkumham Sumsel Gandeng Kodim 0418/Palembang Jaga Keamanan di Lapas dan Rutan

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Melanjutkan koordinasi dengan instansi Aparat Penegak Hukum, Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya  melakukan audiensi ke Kantor Komando Distrik Militer (Kodim) 0418/Palembang, Selasa (29/8).

Mengawali pertemuan, Kakanwil menyampaikan rencana peningkatan dan pengawasan keamanan di Lapas/Rutan yang ada di wilayah Sumatera Selatan terkhususnya Pelembang. Hal ini menyikapi kondisi jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas/Rutan yang over kapasitas.”Saat ini jumlah WBP yang berada di Lapas/Rutan se-Sumatera Selatan menyentuh angka 15.700 orang yang idealnya hanya mampu menampung 6.605 orang. dari jumlah tersebut sangatlah overcapacity maka dari itu untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan, kami mohon untuk bantuan aparat TNI (Kodim 0418/Palembang) dalam hal pengamanan, terkhusus di wilayah Kota Palembang,” pinta Kakanwil.

Letnan Kolonel Czi Arief Hidayat, M.Han selaku Komandan Distrik Meliter 0418 Palembang menyambut hangat koordinasi ini. “Kami memberikan apresiasi atas segala upaya antisipatif yang telah dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham Sumsel dalam hal pengamanan dan ketertiban. Saya dan jajaran akan selalu siap membantu pengamanan guna mencegah terjadinya gejolak konflik di lingkungan lapas dan rutan, di wilayah Sumatera Selatan khususnya Palembang,” ujarnya.

Dibahas juga mengenai layanan-layanan  yang ada pada Kantor Wilayah seperti layanan bantuan hukum, layanan konsultasi hukum online, layanan AHU online, layanan kekayaan intelektual online dan layanan terkini lainnya.

Lebih lanjut, dibahas juga mengenai isu-isu terkini lainnya mulai dari pemecahan masalah overcapacity, isu tentang peredaran narkoba di dalam Lembaga Pemasyarakatan yang disinyalir melibatkan WBP, serta isu lalu lintas orang asing di Sumatera Selatan terkhususnya Palembang. “Untuk itulah, kami mengharapkan bantuan Kodim 0418/Palembang dalam hal pengawasan dan pengamanan”, tutup Kakanwil Kemenkumham Sumsel.

Turut mendampingi pada kegiatan itu Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Palembang, Ike Rahmawati, Kepala Sub Bagian Humas RB dan TI, Hamsir, dan  Kepala Sub Seksi Keamanan Fristi Handayani. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *