HeadlineNasionalNUSANTARAPalembangSUMSEL

Kanwil Kemenkumham Sumsel Terima Penghargaan Terbaik ke-2 atas Kinerja Pelaksanaan Anggaran 2022

PALEMBANG,MEDIASRIWIJAYA – Kanwil Kemenkumham Sumsel menerima penghargaan Terbaik ke-2 Kategori Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) – Pagu Kecil tahun anggaran 2022, penghargaan tersebut diberikan oleh Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sumatera Selatan. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumsel, Lydia Kurniawati Christyana kepada pihak Kanwil Kemenkumham Sumsel yang diwakili oleh Kepala Bidang Hak Asasi Manusia, Karyadi Bersama dengan Kepala Subbagian Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negera, Benni Risky, bertempat di Hotel Santika Bandara Premiere, Kamis (11/5).

Acara penyerahan penghargaan tersebut dirangkaikan dengan Kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Anggaran yang dikemas dalam bentuk Seminar Ekonomi dan Fiskal Regional. Dalam sambutan singkatnya, Kakanwil Ditjen Perbandaharaan Sumsel Lydia Kurniawati Christyana menekan bahwa kegiatan ini penting untuk dilaksanakan dalam rangka Penguatan tugas dan fungsi Kantor Wilayah DJPb Sumsel sebagai Treasurer, Regional, Chief Economist, dan Financial Advisor Kementerian Keuangan di Daerah. “Dengan digelarnya Rapat Koordinasi Anggaran ini diharapkan seluruh pihak yang terlibat dapat menyampaikan hasil Analisa dan rekomendasi Kebijakan serta membangun forum Koordinasi, komunikasi, dan sinergi”, ungkap Kakanwil DJPb Sumsel tersebut.

IKPA atau Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran merupakan tolak ukur kinerja suatu instansi/lembaga pemerintah/negara dalam melaksanakan anggaran. IKPA ini dibuat oleh Dirjen Perbendaharaan. Jika nilai IKPAnya tinggi maka baik pula penilaian kinerja seuatu instansi akan pelaksanaan anggaran, tetapi jika nilai IKPAnya rendah, maka buruklah penilaian kinerja instansi dalam melaksanakan anggaran, meskipun angka realisasi atau penyerapan anggaran itu tinggi.

Terdapat delapan indikator dalam penilaian IKPA tahun anggaran 2023 meliputi, revisi DIPA, deviasi halaman III DIPA, penyerapan anggaran, belanja kontraktual, penyelesaian tagihan, pengelolaan UP dan TUP, dispensasi SPM, dan capaian output.

Atas pencapaian tersebut, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kanwil DJPb Sumsel sehingga hal ini menjadi penyemangat jajaran kami untuk berkinerja lebih baik lagi.

“Penghargaan yang telah diraih oleh Kanwil Kemenkumham Sumsel dan 2 Satuan Kerja kami menjadi bukti dari kerja keras untuk melayani dan memberikan pelayanan Terbaik kepada masyarakat. Nilai IKPA ini penting untuk menjadi perhatian karenai nilai tersebut menjadi indikator untuk mengukur kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian/Lembaga,” terang Ilham Djaya.

Terakhir, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Dr Ilham Djaya berharap Kanwil Kemenkumham Sumsel dapat menjaga prestasi tersebut dengan menjaga kualitas layanan dan melakukan kolaborasi dengan pihak terkait demi mendukung Terwujudnya Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong.

Selain itu, dalam Treasury Sumsel Award, Dua Satuan Kerja di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel juga meraih penghargaan diantaranya Lapas Lubuk Linggau sebagai Terbaik ke-1 Kategori Kinerja Akurasi Perencanaan Penarikan Dana-Pagu Kecil dan Lapas Perempuan Palembang sebagai Terbaik ke-3 Kategori Kinerja Akurasi Perencanaan Penarikan Dana-Pagu Kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *