IGI Sumsel Laksanakan TOT Guru Matematika

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Matematika yang identik dengan matia-matian dan menakutkan bagi anak-anak, padahal sebenarnya matematika itu menyenangkan dan mengasyikkan. Guna memberi pendalaman pengetahuan dan pemahaman bagi tenaga pendidik yang mengajar di SD, untuk itu, IGI Provinsi Sumatera Selatan berkolaborasi dengan Gernas Tastaka, NU-Circle dan Paragon Corp melaksanakan TOT Gernas Tastaka bagi guru kelas SD/MI pada tanggal 25-30 Juni 2022 bertempat di SD Xaverius 4 Jln KH Dahlan No 34 Talang Semut Bukit Kecil Palembang dengan waktu pelaksanaan pukul 08.30 – 16.00 WIB.

Aswinata Utama Ketua IGI Sumsel mengatakan bahwa Gernas Tastaka (Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika) adalah sebuah gerakan yang berangkat dari keprihatinan mengenai rendahnya kemampuan matematika siswa Indonesia. Berdasarkan hasil tes PISA (Programme for International Student Assessment) tahun 2018, Indonesia peringkat 72 dari 78 negara peseta. Hasil TIMSS (Trends in International Mathematic and Science Study) menunjukan siswa kita hanya mampu menyelesai soal matematika sederhana. Data IFLS (Indonesia Family Life Survey) menunjukkan hanya 9 % anak usia 18 tahun di Indonesia yang mampu menjawab dengan benar soal aritmatika sederhana 1/3 – 1/6.

Pelaksanaan TOT Gernas Tastaka bagi guru kelas SD/MI diikuti dalam dua gelombang di mana setiap gelombangnya peserta sejumlah 40 – an guru yang berasal dari Pagaralam, Banyuasin, Lahat, Mua, OKI, OKU, OKUT, Palembang dll dengan materi kegiatan Prinsip-prinsip dasar belajar & mengajar matematika, Bilangan, Geometri, Pengukuran, Probabilitas & statistik dan Asesmen di kelas matematika. Indra Gandi salah satu peserta dari SDN 11 Merapi Barat Lahat mengatakan dengan mengikuti pelatihan ini kami, para guru dicerahkan untuk bisa memberikan materi pelajaran matematika kepada peserta didik dengan menyenangkan dan menggembirakan melalui teknik-teknik yang benar dan bermanfaat. ( daris )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.