Gubernur Lepas Kendaraan Oksigen

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru, melepas kendaraan pasokan Liquid Oksigen atau O2 ke beberapa Rumah Sakit (RS) di Kota Palembang, demi memenuhi kebutuhan oksigen bagi para pasien Covid – 19.

Gubenur Sumsel Herman Deru, mengatakan bantuan CSR berupa Oksigen ini atas inisiasi Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri mengajak para perusahaan untuk peduli terhadap permasalahan yang dihadapi bangsa  di tengah  pandemi covid – 19. “Hari ini kita menjadi takjub Kapolda Sumatera Selatan berinisiasi mengajak perusahaan-perusahaan untuk peduli covid dengan cara memberikan CSR- nya, berupa oksigen mungkin ini baru perdana yang kita sumbangkan adalah oksigen,” ungkap Herman Deru, Senin (12/7).

Dijelaskan Herman Deru, Provinsi Sumatera Selatan Potensi untuk memproduksi O2 sangat dominan di Indonesia, terbukti beberapa perusahaan di Sumsel dapat membantu di bidang medis. “Saudara saudara kita sangat membutuhkan ini, perlu diketahui kepedulian oksigen ini bukan hanya di kalangan Sumsel, tapi juga ke Jawa Barat (Jabar),” jelasnya.

Beliau juga mengharapkan, apa yang sudah diinisiasi Kapolda Sumsel dapat diikuti untuk peduli antar sesama.

Bantuan 30 ton oksigen bantuan CSR dari PT OKI Pulp dan Paper, di bawa dengan mobil khusus yaitu bantuan mobil Isotank dari PT Ligasin, yang akan didistribusikan ke Rumah Sakit Rujukan Covid di Wilayah Palembang seperti, RSMH Palembang, RS Siti Fatimah, RS Bhayangkara Muhammad Hasan Palembang, RS BARI, RS AK GANI dan RS Siti Khadijah. “Stok oksigen kita memiliki Samator dan Ligasin, bahkan Pusri juga menghasilkan, dan masuk juga dari OKI Pulp dan Paper ini, mereka berkolaborasi CSR mereka diberikan kepada masyarakat kita ini gratis, nanti Kadiskes yang mengatur rumah sakit mana yang kita berikan di Sumsel ini, kita hanya memfasilitasi dan mengawal,” jelas Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri.

Sementara itu. Dadang Harto Hartawan, Direksi PT OKI Pulp dan Paper Mills, mengatakan sesuai komitmen perusahaan penghasil oksigen untuk membantu penanganan pandemi covid – 19.”Komitmen Sinar Mas dalam rangka mendukung kebutuhan untuk penanggulangan masalah Covid, ada tiga industri utama kami di pulau Sumatera yang menghasilkan oksigen dari ketiga perusahaan ini kita upayakan sejumlah 1200 ton perbulan, artinya 1000 ton dari OKI Pulp, 100 ton dari Jambi dan 100 ton dari Riau,” ungkapnya.

Lanjut, masih dikatakan Dadang, “dari 1.200 ton ini dapat mengisi tabung oksigen 1 juta tabung oksigen medis, produkai ini untuk produksi di PT OKI Pulp,  tapi karena ada pandemi jadi alihkan  produksi tersebut untuk membantu penanganan pandemi covid,” jelasnya.

Dadang juga menegaskan jika komitmen mereka yang pertama adalah pemenuhan oksigen di Sumsel, jika terpenuhi maka akan memasok ke daerah lain, “Setelah Sumsel terpenuhi pasokan oksigen, kita akan melakukan pendukungan kepada provinsi lain seperti Jawa Barat, kita pasok oksigen sebanyak 30 ton, intinya dukungan ini akan terus berlanjut sampai pandemi ini selesai,” ujarnya. (Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *