EkonomiHeadlineNasional

Gelar Seminar Menjadi Wirausaha Industri, Dorong  IKM Go Digital

KATINGAN, MEDIASRIWIJAYA — Anggota Komisi VII DPR RI mengatakan peran Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Indonesia dinilai penting sebagai salah satu pilar dan juga tulang punggung bagi perekonomian nasional.”Dengan kontribusinya yang sangat signifikan, maka dari itu, IKM perlu mendapatkan dukungan maksimal dari semua pihak salah satunya yaitu dengan mendorong para IKM untuk Go Digital,” beber Mukhtarudin.

Hal itu disampaikan Mukhtarudin yang juga mantan aktivis HMI dalam acara Seminar Menjadi Wirausaha Industri Sukses di Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah, Rabu 3 Mei 2023.

Seminar ini sukses terselenggara berkat Komisi VII DPR RI bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian.

Mukhtarudin menyampaikan bahwa tujuan seminar ini dalam rangka membuka mindset, memberikan motivasi dan pengetahuan tentang kewirausahaan di wilayah setempat.

Kegiatan ini diikuti 170 peserta dari kalangan IKM dan masyarakat. Seminar Wirausaha IKM akan dilanjutkan lagi di 4 kabupaten lain yakni, kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Kapuas.

Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini mengatakan saat ini penggunaan internet sudah mendominasi seluruh aktivitas khalayak, salah satunya dalam jual beli barang. “Jadi ada perubahan perilaku konsumsi masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, sehingga memberikan banyak keuntungan bagi pihak pembeli dan penjual karena dapat memudahkan pada proses jual beli produk,” imbuh Mukhtarudin.

Maka dari itu, Komisi VII DPR RI bekerjasama dengan Ditjen IKMA selalu aktif menggelar seminar Menjadi Wirausaha Industri sukses di wilayah Kalimantan Tenga demi meningkatkan kemampuan pemasaran digital bagi para pelaku IKM diberbagai wilayah Indonesia.

Mukhtarudin mengatakan persaingan kerja pada puncak bonus demografi tahun 2030 menuntut Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan tangguh yang tentu memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif.

Apalagi saat ini peluang pasar digital sangatlah besar. Mukhtarudin pun berharap para pelaku IKM di wilayah Kalimantan Tengah harus bertransformasi untuk merebut peluang di era ekonomi digital saat ini.”Saya kira disrupsi teknologi tidak bisa dibendung ya, oleh karena itu IKM harus adaptif dengan kondisi ini,” imbuh Mukhtarudin.

Dirinya berharap kegiatan Seminar Menjadi Wirausaha Industri Sukses yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi ratusan peserta di Kabupaten Katingan dan tidak berhenti di sini saja, tetapi dapat memberi motivasi bagi wirausaha baru dan sukses di masyarakat.

Selain seminar wirausaha yang digelar Komisi VII DPR RI tersebut, ada juga program lanjutan dan dukugan kerjasama lainnya dengan Kementrian Perindustrian di masa datang, yang telah direncanakan 50 kali Bimtek akan digelar.”DPR RI terus mendukung dan berjuang untuk segala program dan kegiatan yang menyentuh masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kalimantan Tengah,” pungkas Mukhtarudin. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *