HeadlineNasionalNUSANTARAPalembangPendidikanSUMSEL

FKIP UMPalembang sebagai LPTK Penyelenggara PPG, Gelar Orientasi Mahasiswa PPG DALJAB Angkatan II Tahun 2023

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Bertempat di Hotel Beston Palembang, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) menggelar Orientasi PPG Daljab (Dalam Jabatan) Angkatan II Tahun 2023. Acara resmi dibuka Rektor UMP yang dalam hal ini diwakili Wakil Rektor I UMPalembang Prof. Dr. Indawan, M.Pd. Senin (18/9/2023).

Kegiatan PPG (Pendidikan Profesi Guru) sebagai LPTK penyelenggaranya adalah FKIP UM Palembang. Dari kegiatan lanjutan setelah Pembukaan Orientasi Mahasiswa PPG Daljab Angkatan ll Tahun 2023, yaitu Penyamaan Persepsi dalam upaya peningkatan Kapasitas Dosen dan Guru Pamong PPG di LPTK FKIP UM Palembang.

Keterangan foto: Wakil Rektor I UMPalembang Prof. Dr. Indawan, M.Pd.

Hadir pada acara pembukaan ini selain Wakil Rektor I, Dekan FKIP UMPalembang, Dr Rusdy A.Sirodj,M.Pd, Jajaran Wakil Dekan yaitu Wakil Dekan I menjabat Plt. Ketua Program Studi PPG Dr. Saleh Hidayat, M.Si. ; Wakil Dekan ll. Dr. Yetty Hastiana, M.Si.; Wakil Dekan lll Drs. Refson, M.Pd.; Wakil Dekan IV Amrullah, M.Pd., para dosen dan pengelola FKIP UMPalembang serta guru pamong.

Mewakili Kepala Diknas Prov Sumsel yaitu Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan Hj, Eka Diani, S.Kom.,M.Si. yang pada kesempatan ini berharap seluruh peserta dapat mengikuti program PPG ini dan berhasil. “Kita berharap semua mahasiswa yang masuk dan keluar sama jumlahnya. Artinya semuanya berhasil mengikuti kegiatan ini,” katanya.

Prof. Dr. Indawan, M.Pd dalam sambutannya berharap agar mahasiswa PPG Prajabatan Angkatan II tahun 2023 yang diselenggarakan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran hingga memperoleh sertifikasi guru dan kelak tampil sebagai guru profesional. “Ikuti dengan sungguh-sungguh kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Jangan merasa berat karena dengan 18 SKS bobotnya, insya Allah kalian akan mendapatkan apa yang seperti diharapkan dari program PPG ini yaitu mencetak tenaga pendidik yang berkompeten dan profesional,” ujar Guru Besar UMPalembang ini.

Lebih jauh Prof Indawan menyebutkan bahwa Mahasiswa PPG Prajabatan dapat berkontribusi dengan berkolaborasi di bidang penelitian bersama dosen PPG FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang dan guru pamong. “Mudah-mudahan mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Palembang motivasinya intrinsik, bukan ekstrinsik. Jadi tidak sekadar menggugurkan kewajiban, tapi ada keinginan untuk memperbaiki diri menjadi guru profesional yang kompeten,” tambahnya.

Keterangan foto: Dekan FKIP UMPalembang, FKIP Dr. Rusdy A. Siroj, M.Pd.

Di tempat yang sama, Dekan FKIP UMPalembang, FKIP Dr. Rusdy A. Siroj, M.Pd. dalam sambutannya menyebutkan bahwa FKIP UMPalembang sudah melaksanakan PPG dari tahun 2021. “Tahun 2021 ada tiga angkatan sebanyak 185 orang dan berdasarkan data alhamdulilah sudah lulus 100 persen. Lalu Angkatan 2022 yang juga ada 3 gelombang dengan total peserta sebanyak  416 mahasiswa dan berdasarkan informasi semua juga sudah lulus semua. Sekarang Tahun 2023, FKIP UMP kembali dipercaya menyelenggarakan PPG. Kita sudah melaksanakan Orientasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang I Tahun 2023 secara luring di Aula K.H. Faqih Usman Lantai 7 Kampus A, pada Sabtu (16/9/2023) lalu. dan sekarang kita melaksanakan Orientasi bagi Peserta Angkatan 2 yang diikuti sebanyak 150 mahasiswa dari berbagai provinsi di luar Sumsel,” kata Dr Rusdy A. Sirodj.

Ia juga berharap kiranya semua pihak yang terlibat dapat membantu FKIP UMPalembang agar Program PPG ini terlaksana dengan baik. “Kepala seluruh Kepala Sekolah kiranya dapat membantu Program PPG ini. Kepada seluruh peserta, Rektor UMP menyambut baik mudah-mudahan program PPG UMP ini nanti akan memberikan yang terbaik bagi seluruh mahasiswa. Dengan 26 dosen dan guru pamong yang disiapkan diharapkan Angkatan 2 ini akan terlayani dengan baik, ” tambahnya.

Plt. Ketua Program Studi PPG Dr. Saleh Hidayat, M.Si. yang juga sebagai Wakil Dekan I FKIP UMPalembang dalam laporannya menyampaikan banyak hal secara detail di antaranya mahasiswa PPG Daljab Angkatan 2 Tahun 2023 ini diikuti 150 mahasiswa dari beberapa bidang studi di antaranya Bahasa Indonesia 30 orang, bahasa Inggris 30 orang, matematika sebanyak 30 orang dan bidang studi biologi sebanyak 60 orang (dua rombongan belajar). “Mahasiswa PPG Daljab Angkatan 2 Tahun 2023 secara nasional berdasarkan Surat Dirjen GTK No 1867/B2/GT.00.08/2023 tanggal  14 SEPTEMBER 2023 dari 5 LPTK besar seperti UNMUL, UNY,UNESA, UNS dan UMPalembang dengan pembiayaan APBD sebanyak 2.634 orang. Dari semua rangkaian kegiatan, Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Angkatan 2 ini akan dilaksanakan pada 30 November sampai dengan 10 Desember 2023. Mari kita wujudkan kesuksesan pelaksanaan PPG Daljab Angkatan 2 Tahun 2023 ini,” kata Dr. Saleh Hidayat.

 

Keterangan foto: Plt. Ketua Program Studi PPG Dr. Saleh Hidayat, M.Si.

Keterangan foto: Mewakili Kepala Diknas Prov Sumsel yaitu Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan Hj, Eka Diani, S.Kom.,M.Si.

Dalam kegiatan tersebut selain menghadirkan Narasumber dari LPTK UM Palembang, yaitu Dr. Rusdy A.Sirodj, M.Pd. dan Prof. Indawan, juga menghadirkan para praktisi pendidikan berupa tiga orang Guru Pamong, yaitu Marwiyah, M.Pd. Guru Pamong dari SMAN Unggulan 17 Palembang, Supratik, M.Pd., Guru Pamong dari SMAN 22 Plg serta Ibu Devi Emylia, M.Pd., Guru Pamong dan menjabat Kepala Sekolah SMPN 15 Palembang. Suasana diskusi berlangsung aktif dan dinamis, terutama pada saat membahas tentang Implementasi Kurikulum Merdeka relevansinya dengan pola penerapan dan pengembangan pembelajaran di PPG. Dinamika diskusi yang terbangun dalam kegiatan ini diharapkan akan membangun kompetensi dan kemampuan berfikir kritis dan konstruktif di kalangan Dosen dan Guru Pamong. Lebih lanjut lagi diharapkan akan terbangun iklim kolaboratif dan inovatif antara insan pelaku pendidikan,  antara LPTK penyelenggara PPG dengan stakeholder di Wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Upaya peningkatan kapasitas dan kompetensi Dosen dan Guru Pamong dalam Program PPG ini pada akhirnya diharapkan akan berimbas pada pengembangan karakter dan kompetensi mahasiswa PPG Daljab yang saat ini sedang disiapkan dan ditempa oleh LPTK penyelenggara PPG di FKIP UM Palembang. (*)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *