BanyuasinEmpat LawangHeadlineLahatLubuk LinggauMuaraenimMUBAMurataraMusirawasNasionalNUSANTARAOgan IlirOgan Komering IlirOgan Komering UluOKU SelatanOKU TimurPagaralamPalembangPALIPrabumulihSUMSEL

Festival Rentak Batanghari Diikuti 15 Kabupaten di Sumsel

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Pembukaan Festival Rentak Batanghari Tahun 2022 yang digelar, di Graha Taman Budaya Sriwijaya Palembang, Selasa (10/5).
Kepala Dinas kebudayaan dan pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal mengatakan, Sumsel ada 17 kabupaten kota dan memiliki sembilan sungai. Tahun ini merupakan ketiga festival ini digelar yang akan dilaksanakan sampai tanggal 12 Mei 2022 yang menampilkan kesenian berupa tarian daerah tanjidor hingga lagu-lagu daerah.”Hari ini kita ingin mencoba melestarikan dan mengangkat kembali budaya-budaya asli yang ada di 17 kabupaten kota. Dan setiap daerah juga memiliki ciri khas masing-masing sehingga kita harus memperkenalkan dan mempertahankan kepada masyarakat,” katanya.
Lebih lanjut Aufa menuturkan, Festival Sriwijaya ini menampilkan seni dan budaya daerah yang di kolaborasi dengan berbagai seni dan budaya luar Sumsel di daerahnya masing-masing.”Adapun tujuan dan harapan kita sebenarnya merupakan keseluruhan 17 kabupaten yang bisa ber pasif partisipasi dalam festival ini ini agar masyarakat tahu tentang kesenian dan kebudayaan setiap daerah serta mengangkat kembali kesenian dan kebudayaan asli yang ada di kota Sumsel,” tandasnya
Kasi Pengelolaan Taman Budaya Sriwijaya, Agus Hariyanto menambahkan, pada gelaran ini sebenarnya ada 17 Kabupaten/kota yang ada di Sumsel mengikuti Festival Rentak Batanghari ini. Tapi tahun ini ada 2 Kabupaten/kota yang tidak mengikuti yaitu Kabupaten Musi Rawas dan Empat Lawang.”Untuk mengangkat para seniman yang ada di di di kabupaten kota yang ada di Sumsel. Dan juga memberikan dan memperkenalkan kan kebudayaan masing-masing daerah di 17 kabupaten yang ada di Sumsel,” ujarnya (Ocha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *