HeadlinePalembangPendidikanSUMSELUncategorized

Fakultas Sains dan Teknologi UPGRIP Lakukan Pelatihan Pengelolaan Jurnal

Teks foto: Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR (tengah) bersama narasumber. 

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Sumsel terus melakukan terobosan dalam memaksimalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mulai dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Di bidang Penelitian, UPGRIP mendorong semua Fakultas untuk untuk mampu melakukan pengelolaan dan publikasi jurnal. Baik Jurnal Nasional terakreditasi maupun pada Jurnal Internasional bereputasi.
Berangkat dari hal tersebut, Fakultas Sains dan Teknologi UPGRIP melaksanakan kegiatan pelatihan dan workshop pengelolaan jurnal yang digelar di Gedung Business and Science Center, Ruang 402, Sabtu, (27/5/2023).
Workshop ini ditujukan bagi seluruh pengelola jurnal di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi termasuk di dalamnya jurnal-jurnal yang dikelola oleh Program Studi Fisika, Biologi dan Sains Lingkungan, dengan meliputi jurnal Sainmatika, Indobiosains, jupiter dan Esjo.

 

Teks foto: Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR saat sambutan.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR, didampingi oleh Wakil Rektor III Assoc. Prof. Drs. Sukardi, M.Pd., Turut hadir dalam acara tersebut Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dewi Novianti, S.Si., M.Kes., Wakil Dekan sekaligus Ketua Panitia Dr. Andi Arif, M.Si., para pengelola jurnal, dosen, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Dr. Andi Arif, M.Si. dalam laporannya mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas manajemen jurnal di lingkungan Fakultas Sains dan teknologi dan untuk meningkatkan akreditasi jurnal.
Kegiatan ini dinarasumberi oleh para dosen di lingkungan Fakultas Sains dan Lingkungan UPGRIP yang telah mengikuti pelatihan OJS 3 yakni Atina M.Si., Yunita Panca Putri, M.Si., Dr. Dui Yanto Rahman, M.Si., Dr. Wahyu Saputra, M.Si. “Kegiatan workshop ini juga diikuti oleh 31 peserta yakni para dosen dan pengelola jurnal Fakultas Sains dan Teknologi serta divisi IT,” ujarnya.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dewi Novianti, S.Si., M.Kes mengatakan dengan Pelatihan ini diharapkan jurnal yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi akan terus meningkat secara kualitas dan kuantitasnya. “Dan para pengelola jurnal di lingkungan FST akan semakin profesional di dalam mengelola jurnal yang ada. Saat ini jurnal Fakultas yang ada yaitu Sainmatika, jurnal Indobiosains prodi Biologi, jurnal Jupiter di prodi Fisika, dan jurnal Esjo di Prodi Sains Lingkungan. Keempat jurnal ini pada tahun ini sedang persiapan akreditasi dan diharapkan adanya workshop pelatihan pengelolaan jurnal ini baik dari segi teknis, kaidah ilmiah dan etika publish pada jurnal, akan meningkatkan peringkat akreditasi jurnal, perubahan di antaranya dengan perubahan alih bahasa dari jurnal berbahasa Indonesia bermatamorfosa ke Bahasa Inggris,” ujarnya.

teks foto: Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dewi Novianti, S.Si., M.Kes saat sambutan. 

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Yasir Arafat, S.E., M.M., CIQaR dalam sambutannya mengatakan mengapresiasi penuh dan menyambut baik kegiatan ini, kegiatan ini sangat penting dan Universitas sangat mensupport. “Ini merupakan kegiatan sebagai jawaban menghadapi era 5.0 dan secara institusi sangat menyambut baik, karena ending dari segala Penelitian dan Pengabdian adalah publikasi, baik pada Jurnal Nasional terakreditasi maupun pada Jurnal Internasional bereputasi,” kata Yasir.Pihaknya berharap ke depannya Jurnal yang ada di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UPGRIP ke depannya naik peringkat akreditasinya seiring dengan peningkatan kualitas pengelolaan jurnalnya. (*)

Teks foto: Para peserta pelatihan foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *