Empat Pilar Kebangsaan, Landasan Kuat Hadapi Era Revolusi Industri

 

  • Catatan Narsum Webinar Literasi Digital 2021 di Kota Palembang

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika merupakan poin penting sebagai landasan dasar bagi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjalan kehidupan bermasyarakt dan bernegara. Seiring dengan perkembangan zaman di mana Era Revolusi Indonesia dengan pesatnya dunia maya perpengaruh pada tatanan kehidupan.  Sehingga perlu adanya benteng untuk menjaga diri agar tidak kebablasan dan melenceng dari arah yang sudah menjadi landasan Negara kita, Indonesia. Demikian dikatakan  Dr. Andreas Lionardo, S.IP., M.Si. Dosen Administrasi Publik Universitas Sriwijaya, salah satu narasumber pada kegiatan Webinar Literasi Digital 2021 di kota Palembang yang digelar Kemenkominfo, Kamis (29/7).

Bagaimana peran literasi digital dalam meningkatkan wawasan kebangsaan? Dr Andreas Lionardo di hadapan peserta webinar yang terdiri dari para mahasiswa dan berbagai segmen ini menekankan bahwa diterasi digital sangat berperan untuk menambah wawasan kebangsaan tiap individu terutama generasi bangsa seperti mahasiswa. “Sekarang ini banyak propaganda dishare di media sosial yang bertujuan untuk mengacaukan keamanan bangsa. Maka kita perlu memahami mana yang propaganda negative mana yang positif. Dengan pemahaman melalui literasi digital insya Allah sudah punya pengetahuan. Jadi menangkalnya lebih mudah,” ujar Andreas.

Webinar yang digelar dengan tema Literasi Digital dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan ini masih digelar gratis bahkan peserta akan mendapatkan E-Sertifikat dari Kementerian Kominfo. Selain itu juga ada voucher menarik untuk 10 peserta.

Walikota Palembang H Harnojoyo masih setiap sebagai keynote speech yang tetap memberikan semangat kepada para peserta agar mengambil manfaat positif dari kegiatan ini.

Adapun narasumber lain yaitu  Aulia Siska, S.Sos, CFO PT Digital Solusi Entrepreneur sebagai narasumber pertama. Selanjutnya ada Muhamad Arif Rahmat, SHI, Certified Life Coach, serta Ir. Yulian Junaidi, M.Si, Direktur Spora Institute. Ketiga narasumber ini pun secara detail selama masing-masing 20 menit memaparkan berbagai tips dan pengetahuan seputar cerdas di dunia digital. Seperti Aulia Siska yang secara tegas mengingatkan peserta agar selalu waspada dan berhati-hati menggunakan identitas diri ketika sedang menggunakan perangkat media sosial.

Moderator  Rizky Al Yusra yang dengan kepiawaiannya mengolah acara yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.20 WIB dengan menghadirkan Key Opinian Leader Della Oktorina yang memiliki beberapa prestasi seperti  Founder @sayadietkantongplastik, Activist, Karitini Millenial Award 2020, Cabin serta berbagai aktivitas lainnya.

Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel menyebutkan, webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemprov Sumsel diikuti secara daring oleh 627 orang  peserta dari kalangan mahasiswa, pelaku UKM serta umum. Selanjutnya webinar terakhir di bulan Juli 2021 akan digelar tanggal 31 Juli 2021 dengan tema Menjadi Pendidik Cerdas dan Cakap Digital , dengan menghadirkan narasumber Dr Muhammad Adil,M.A (Wakil Rektor 1 UIN RF, Drs H Slamet Cahyono, M.Pd Kepala Sekolah SMPN 13 Palembang. Adapun peserta webinar dari kalangan pelajar dan guru. (sf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *