PalembangPolitikSUMSEL

DPRD Kota Palembang Gelar Paripurna 20 Masa Persidangan II Tahun 2023

  • Agenda Jawaban Walikota Palembang terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – DPRD Kota Palembang kembali menggelar paripurna. Kali ini Paripurna ke 20 digelar dengan agenda Mendengarkan Jawaban Walikota Palembang terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi, Selasa (15/8).

Paripurna kali ini selain dihadiri Walikota Palembang H Harnojoyo juga dihadiri Sekda Kota Palembang Ratu Dewa, Forkompinda, anggota DPRD Kota Palembang dan undangan dari berbagai elemen masyarakat.

Paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Palembang Adzanu Gentar Nusantara SH MH dengan didampingi Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin dan beberapa wakil ketua lainnya. “Sesuai dengan jadwal yang telah disepakati Badan Musyawarah DPRD kota Palembang maka acara rapat paripurna ke-20 masa persidangan 2 tahun kerja 2023 pada hari ini adalah jawaban Walikota Palembang terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi. Sebelum memasuki acara tersebut perlu kami tanyakan kepada rapat paripurna dewan yang terhormat apakah acara tersebut dapat disetujui,” ujar Adzanu dan dijawab serentak setuju oleh anggota dewan yang hadir sebanyak 34 orang baik yang hadir langsung maupun secara virtual.

Walikota Palembang H Harnojoyo mengawali penyampaian jawabannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh fraksi-fraksi atas pemandangan umum yang sudah disampaikan pada Paripurna ke 19 MP II kemarin. “Terima kasih kepada Fraksi-Fraksi atas pemandangan umum,” ujarnya.

Secara bergantian Walikota menanggapi dengan dimulai menanggapi Fraksi Partai Demokrat. “Timbunan sampah setiap 2 hari sekali ditangani. Macet di simpang Cinde akan segera diatasi dengan putaran jalan depan Masjid Agung akan dibuka kembali. Terkait pengaduan tapal batas Pemkot serius kawal uji materi dan perjuangkan dengan berpedoman pada peraturan dan perundangan,” ujarnya.

Selanjutnya, tanggapan terhadap Fraksi PDIP “Kami tanggapi APBD 2023 jadi mata rantai kami sependapat. Raperda APBD 2023 sebagai upaya terapkan prinsip transparansi maka kami sependapat. APBD yang harus dibelanjakan UMKM dalam rangka pulihkan dan tingkatkan pendapatan keluarga maka kami pun sependapat. Hari ini tindaklanjuti dengan memerintahkan kepada inspektur terkait laporan ada lurah yang pecat ketua rt.  Selanjutnya, Sekda sudah kami minta  anggarkan rehap kantor lurah. Lampu jalan di Plaju kami kontinu dan berkelanjutan tindaklanjutinya,” tambah Harno.

Tanggapan terhadap Fraksi PAN terkait patroli anak jalanan, pengemis dan lain sebagainya disebutkan Harno bahwa pihaknya setiap hari melalui tim memantau dan melakukan penertiban. Terkait evaluasi layanan pengadaan E-KTP disebutkan Harno bahwa saat ini sisa blangko masih diprioritaskan bagi para pemula

Fraksi Partai Golkar, Harnojoyo juga mengapresiasi atas pemandangan umumnya. “Bahwa permintaan saudara agar pemerintah kota memberikan penjelasan terhadap penurunan target PAD pada perubahan APBD Tahun Anggaran 2023 Terima kasih hal yang sama telah kami sampaikan sebagaimana jawaban kami pada fraksi PKB. Bahwa permintaan saudara agar pemerintah kota mengevaluasi kinerja perangkat daerah yang tidak mampu dalam periodisasi periode yang telah disusun Terima kasih hal ini akan menjadi bahan evaluasi kami. Bahwa permintaan saudara agar pemerintah kota untuk dapat meningkatkan pendapatan pajak dan retribusi parkir Terima kasih kami akan terus melakukan intensifikasi pajak dan ekstensifikasi dalam rangka peningkatan retribusi parkir,” ujar Harnojoyo.

Selanjutnya, jawaban atas pemandangan umum  Fraksi Partai Nasdem Persatuan Pembangunan. Jawaban terhadap pandangan fraksi PKB. “Kami bersama DPRD kota Palembang akan terus berkoordinasi untuk mencarikan solusi terhadap persoalan dan masukan yang disampaikan masing-maisng fraksi. Demikian jawaban kami terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD kota Palembang yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini semoga penjelasan yang kami sampaikan ini akan mengantarkan kita untuk lebih memahami segala sesuatu yang menyangkut berbagai substansi yang masih perlu dibicarakan dan disepakati bersama tentu masih cukup waktu dan kesempatan bagi kita untuk membahasnya secara lebih besar. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan ridho dan berkahnya atas segala upaya dan ikhtiar kita dalam memajukan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat kota Palembang yang kita cintai,” kata Harnojoyo mengakhiri jawabannya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *