Ditresnarkoba Polda Sumatera Selatan bersama Sat Resnarkoba Polrestabes Palembang Berhasil Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jenis Sabu Di Wilayah Hukum Polda Sumsel Sebanyak 4 Kilogram

PALEMBANG,MEDIASRIWIJAYA – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumatera Selatan (Sumsel) bersama Sat Resnarkoba Polrestabes Palembang, kurun waktu satu minggu, berhasil gagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu di wilayah hukum Polda Sumsel sebanyak 4 kilogram dari 4 tersangka jaringan lintas Provinsi Aceh dan Pekanbaru, salah satunya dikendalikan dari balik Lapas di Palembang. “Keberhasilan Dirresnarkoba Polda Sumsel bersama jajaran dalam hal ini Polrestabes Palembang, mengalahkan penyelundupan 4 kg dan mengamankan 4 tersangka, Polda mengungkap 1 kg, Polresta Palembang mengungkap 1 kg dan 2 kg sabu, ini harus kita apresiasi rekan rekan kita yang tak henti hentinya melakukan pemberantasan narkoba.,” ungkap Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi. Senin (24/01).

Empat tersangka yang diamankan yaitu, dua diamankan Ditresnarkoba Polda Sumsel adalah, Baihaki (47) warga Desa Pante Cermin Dusun Pasar Kecamatan Babahrot Aceh Barat dan Taufik (34) warga Desa Lhok Awe Teungo Dusun Makmur Kecamatan Kota Juang Kabupaten Beuren Aceh. Sedangkan dua tersangka lagi ditangkat jajaran Sat Resnarkoba Polrestabes Palembang, Sobirin (25) warga desa Lubuk pandan Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Mura, dan Alex Gunadi (35) warga Jalan Waringin laut RT 20 RW 02 Kelurahan Karang Jaya Gandus Palembang.

Dari tangan Baihaki dan Taufik, petugas mengamankan keduanya saat mengendari sebuah mobil di jalan palembang-jambi KM 101 Desa Pinang wajar Kecamatan Sungai Lilin Muba. Sabtu (15/01) petugas mengamankan satu paket besar narkotika yang dikemas dalam plastik kecil dengan berat bruto 1.018 gram ditemukan di dashboard mobil nopol BK 1686 CM. Untuk tersangka Sobirin, di tangkap di Jalan Alfalah Kelurahan Lorok Pakjo Kecamatan IB 1 Palembang pada senin (10/01), dari tangan tersangka petugas menemukan 10 paket narkoba jenis sabu dengan berat bruto 1.0475 kg yang menurut pengakuan tersangka sabu tersebut milik AG yang berada di Lapas di Palembang.

Lanjut. Untuk tersangka Alex, ditangkap di depan full bus PT rapi di Jalan Tanjung siapi-api Palembang pada Sabtu (27/01) dari tangan tersangka ini petugas mengamankan 1 bungkus plastik teh tulisan China Guanyinwang dengan berat bruto mencapai 1.014 gram dan satu bungkus narkoba didalam kemasan teh cina tulisan Guan Yin Wang dengan berat bruto 798 gram yang di dapati dari Yanti (DPO). “Jadi dalam bulan Januari 2022 ini kita Polda Sumsel dan Satresnarkoba Polrestabes Palembang, mengamankan narkoba jenis sabu totalnya mencapai 4 kilo,” ungkap Dirresnarkoba Polda Sumsel, Kombes Pol Heri Istu, didampingi Kombes Pol Supriadi Kabid Humas Polda Sumsel dan Kasat Resnarkoba Polrestabes Palembang, Kompol Mario.

Masih dikatakan Dirresnarkoba Polda Sumsel, jika barang bukti yang berhasil diamankan ini berasal dari Aceh dan Pekanbaru masuk dalam jaringan lokal mengingat antar Provinsi, akan tetapi pihaknya masih melakukan pendalaman apakah ke empat tersangka ini kurir atau pengedar dan atau bandar. “Barang dari Aceh tujuan ke Palembang itu kita, tapi yang Polrestabes itu dari Mura dan terakhir dari Pekanbaru, mereka ini jika sudah ke sini jadi ini jaringan lokal karena mereka ini lintas provinsi, ke empat orang ini semua kurir, dengan motif ekonomi” jelasnya.

Untuk antisipasi masuknya barang haram ke Wilayah Hukum Polda Sumsel, dikatakan Kombes Pol Heri Istu, pihaknya terus berkordinasi dengan seluruh jajaran melakukan Patroli KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan). “Kita menekankan jajaran khususnya pengamanan di akses Jalur Lintas Sumatera, Lintas Timur dan Lintas Tengah untuk untuk melakukan KRYD dengan melakukan razia selektif di jalur jalur rawan,” jelasnya.(Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.