Dibentuk Sebagai Tim Tracer Covid-19, Babinsa Dan Babinkamtibmas Di Kota Pontianak Menerima Pelatihan

Pontianak – Dalam upaya mendukung percepatan penanganan covid-19, Babinsa Jajaran Kodim 1207/BS dan Babinkamtibmas menerima pelatihan peningkatan kapasitas bagi petugas kontak/tracer Covid-19 yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Pontianak, bertempat di Pendopo Hotel Kapuas Palace Jalan Budi Karya, Kelurahan Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak. Kamis (03/06/2021)
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidig Handanu Widoyono M.Kes, Kepala Bidang Pemberantasan, Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3PL) Dadang Fitrajaya, SKM, yang sekaligus bertindak sebagai narasumber, para Babinsa Kodim 1207/BS dan Bhabinkamtibas serta petugas Kesehatan dari Puskesmas Pontianak Utara, Pontianak Selatan, Pontianak Barat dan Pontianak Kota Sebagai peserta pelatihan.
Dalam kegiatan tersebut para Babinsa dan Babinkamtibmas menerima sejumlah materi yang meliputi Pengetahuan dasar tentang Covid-19, pencegahan dan pengendalian, Strategi pengendalian Covid-19 melalui penelusuran kontak (Contact Tracing) dan Pelatihan Babinsa dalam rangka Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro termasuk pelaksanaan Posko Desa dalam rangka PPKM Mikro.
Kepala Bidang (Kabid) Pemberantasan Pencegahan penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3PL) Dadang Fitrajaya selaku pemateri dari Dinas Kesehatan Kota Pontianak mengatakan bahwa, tujuan dari dilakukannya kegiatan ini yakni, guna untuk memberikan pembekalan kepada petugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta tenaga kesehatan puskesmas yang nantinya akan turun berinteraksi langsung dengan masyarakat guna proses percepatan penanggulangan covid-19 dengan penguatan Testing dan Tracing sehingga lebih dini dapat menemukan kasus dan melakukan tindakan penanganan.
“Untuk saat ini yang sulit adalah pemantauan yang melaksanakan Isolasi mandiri dirumah karena kita tidak bisa setiap saat memantau mereka di kediamannya” ujarnya.
Lanjut Dadang mengatakan, kegiatan Tes Lacak dan Isolasi (TLI) ini melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk membantu petugas kesehatan untuk melacak warga yang sedang terpapar Covid-19 dan membantu melakukan tracing dan nanti juga untuk membantu memonitoring isolasi di wilayah binaan masing-masing.
“Saya harap dengan dilakukannya kegiatan ini para Babinsa dan Bhabinkamtibmas dapat bekerjasama dengan para Tenaga Medis dalam menjalankan tugas ini yakni sebagai Tracer dan Vaksinator Covid-19” ucapnya.
Sementara itu secara terpisah Komandan Kodim 1207/BS Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M. menyampaikan sangat mendukung dengan adanya kegiatan tersebut, “Ini sangat penting dilakukan agar seluruh Babinsa dan Babinkamtibmas dapat lebih paham tindakan apa yang akan dilakukan dilapangan” ungkapnya.
Ia berharap kepada peserta yang hadir khususnya Babinsa Jajaranya agar mendengarkan dan memahami apa yang di sampaikan oleh TIM pemateri. Karena Babinsa dan Babinkamtibmas adalah sebagai Tracer di lapangan untuk mendampingi para tenaga kesehatan.
“Mari kita laksanakan kegiatan ini dengan tulus dan ikhlas agar pandemi covid-19 ini segera berakhir” pungkas Dandim.
(Pendim 1207/BS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *