HeadlineNasionalPalembangPendidikanSUMSEL

Berbagi Ilmu, Dosen UBD Berikan Materi Pengembangan SDM bagi Mahasiswa UMKM Binaan UIN Raden Intan Bandar Lampung

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Dosen Universitas Bina Darma berkunjung ke UIN Raden Intan Bandar Lampung untuk memberikan materi dan bimbingan mengenai materi pengembangan sumber daya manusia (sdm) bagi mahasiswa umkm binaan UIN Raden Intan Bandar Lampung. Pada kesempatan kali ini, materi yang diberikan dapat memberikan manfaat dalam pengembangan SDM bagi para mahasiswa binaan UMKM.

Kegiatan pengabdian masyarakat kolaboratif UMKM, yang merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia, memainkan peran vital dalam menyediakan lapangan kerja dan memperkuat perekonomian nasional. Meskipun UMKM telah menggunakan teknologi informasi seperti bisnis digital, masih banyak yang belum optimal dalam mengelola SDM, terutama dalam memanfaatkan media sosial dan jaringan bisnis.

Dalam upaya meningkatkan pengelolaan SDM, UIN Raden Intan Bandar Lampung memberikan pembekalan kewirausahaan kepada mahasiswanya melalui inkubator bisnis. Kegiatan ini dipimpin oleh Dr. Trisninawati, SE., MM dan didukung oleh Ketua LP2M Prof. Dr. H. A Kumedi Ja’Far. Mereka menggarisbawahi pentingnya pengembangan SDM dalam menjalankan usaha UMKM.

Hasil kegiatan ini menunjukkan antusiasme mahasiswa UMKM Binaan UIN Raden Intan Bandar Lampung dalam mengikuti pendampingan pengabdian masyarakat. Mereka sadar bahwa untuk bersaing di pasar kerja, mereka perlu mengubah mindset dan belajar untuk menciptakan lapangan kerja sendiri. Salah satu faktor kunci dalam kesuksesan usaha adalah pengelolaan SDM yang baik, termasuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan.

Manajemen SDM yang baik menjadi fokus utama, karena manusia merupakan modal dasar yang harus dikelola dengan baik. Oleh karena itu, Prodi Manajemen dan Administrasi Bisnis merasa perlu melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa UMKM dalam tatakelola SDM bagi usahanya.

Diharapkan bahwa melalui kegiatan ini, mahasiswa UMKM Binaan UIN Raden Intan dapat meningkatkan pemahaman mereka dalam pengembangan SDM untuk usaha mereka. Melalui perencanaan, pembagian tugas, evaluasi kinerja, dan pelaporan harian, diharapkan dapat terjadi pemantauan kemajuan usaha secara berkelanjutan. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu UMKM dalam mengatasi tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan SDM dan pada akhirnya meningkatkan kinerja dan hasil usaha mereka.

Tentunya, dengan kegiatan ini diharapkan akan terus berjalan dan dilaksanakan oleh dosen-dosen Universitas Bina Darma dengan terus optimis dalam mewujudkan Visi dan Misi UBD UNGGUL 2025. (www.binadarma.ac.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *