Bappeda dan Litbang Kota Palembang Gelar Lomba Kompetisi Inovator Kota Palembang Tahun 2021

* Dorong Inovator Kreatif Selama Pandemi

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Guna mendorong para Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palembang,  Bappeda dan Litbang menggelar lomba Kompetisi Inovator kota Palembang Tahun 2021. Bappeda berharap, para inovator mampu bertahan dan kreatif selama pandemi Covid-19 untuk menggerakkan roda perekonomian.
Kepala Bappeda dan Litbang Kota Palembang,  Harrey Hadi mengatakan kegiatan ini merupakan usulan Walikota Palembang, H Harnojoyo untuk memberikan reward (penghargaan) bagi para inovator, tujuannya agar dapat merangsang masyarakat untuk berkreasi dan berinovasi untuk menggerakkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. “UMKM di Kota Palembang ini cukup banyak, tetapi tidak terpantau secara keseluruhan. Untuk itulah kita adakan lomba ini, kita berharap dapat menonjolkan inovator dari para usaha kecil namun memiliki semangat yang tinggi untuk maju baik di kancah lokal maupun nasional,” ujar Harrey usai penyerahan Penghargaan di Rumah Dinas Walikota Palembang, Selasa (3/11).
Harrey menambahkan seleksi kompetisi inovator ini sudah dimulai sejak dua bulan lalu, sehingga dari 50 peserta, dipilih menjadi 5 terbaik. “Insya Allah ini akan jadi agenda tahunan, kita harapkan melalui lomba ini dapat memotivasi para inovator atau usaha kecil lebih maju dan kreatif dalam memanfaatkan peluang yang ada, terlebih selama pandemi,” katanya.
Ia menyebutkan, para pemenang ini selain mendapat piagam juga uang pembinaan. Ke depan jika ada kesempatan akan diikutkan ke skala nasional. “Tentu ini tujuan utama kita, sehingga para UMKM dapat dilihat tidak hanya di mata lokal tetapi juga nasional,” harap dia.
Sementara itu, Walikota Palembang, H Harnojoyo mengapresiasi sekaligus memberikan penghargaan terhadap para inovator yang sudah berani melakukan perubahan, apalagi di tengah pandemi ini. Ini pula lanjut Harno, upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat lebih kreatif dan inovatif untuk membangun kota Palembang. “Skala besar dimulai dari hal kecil, ini yang kita harapkan dari para inovator dan ke depan mudah-mudahan bisa bersaing dan melaju ke kancah nasional bahkan inernasiol. Ke depan bisa juga dilaksanakan di kecamatan-kecamatan agar dapat memotivasi masyarakat bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi juga, luar biasa sekali bahkan ada juga dari para inovator hasil inovasinya sudah bernilai ekonomi tinggi, ini sangat kita apresiasi,” tukasnya. (*)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *