Babinsa dan Penjaga Makam Pahlawan Sidas, Ingatkan Pemuda Sejarah Bangsa dan Lahirnya Pancasila

Landak – Menghayati makna Pancasila sebagai ideologi negara, pandangan hidup dan dasar negara sudah menjadi kewajiban kita semua sebagai warga negara yang Pancasilais. Dari tingkat pelajar, mahasiswa dan semua lapisan masyarakat wajib mengerti dan paham akan arti pentingnya Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Seperti yang dilakukan Serda Supianto Babinsa Koramil 1201-09/Sengah Temila, mengedukasi dan memberikan pemahaman tentang sejarah perjuangan bangsa dan sejarah lahirnya Pancasila kepada pemuda-pemudi Desa Sidas di Taman Makam Pahlawan Sidas Pak Kasih bersama Mansur, penjaga makam (kuncen), Sabtu (5/6/2021).

Di Makoramil Sengah Temila, Danramil Letda Arm. Suwandi, mengaku bangga dengan kegiatan yang dilakukan anggotanya. Terlebih lagi tentang kegiatan pembinaan sumber daya masyarakat dan pembinaan penghayatan pengamalan Pancasila.

“Serda Supianto diharapkan menjadi contoh bagi rekan-rekan Babinsa lain untuk aktif, tanggap dan peduli akan pembinaan dan pembangunan SDM warga desa binaannya sebagai bagian dari tugas Binter,” ucap Letda Arm. Suwandi.

Sementara itu, Mansur, penjaga makam Sidas mengatakan, Babinsa berperan besar dalam mengajarkan pemahaman Ideologi Pancasila karena tidak lepas dari bagian sejarah bangsa yang tidak boleh dilupakan oleh generasi muda sekarang.

“Pancasila tidak boleh digantikan oleh paham dan pandangan lain apapun, sejak lahirnya sampai hari ini dan nanti. Karena Pancasila sudah dirumuskan oleh pendahulu dan pendiri bangsa kita dengan penuh perhitungan dan perjuangan yang besar,” tutur Mansur. (Mph1201

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *