Anggota Komisi IV DPR RI Hj Renny Astuti SH SpN Sosialisasi IPAL Musi Banyuasin

SEKAYU, MEDIASRIWIJAYA  – Anggota komisi IV DPR RI Hj Renny Astuti SH SpN melalui team Rumah Aspirasi mengadakan sosialisasi mengenai Sistem Penyediaan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Musi Banyuasin, yang berlangsung Selasa (30/11). Karena masih ada masyarakat yang belum memiliki IPAL.

Menurut Renny Warga Musi Banyusin masih menghadapi tantangan dalam memiliki akses terhadap fasilitas sanitasi. Mereka juga masih mempraktikkan buang air besar sembarangan Untuk mengatasi situasi ini perlunya adanya IPAL.

Komponen IPAL Komunal terdiri dari unit pengolah limbah, jaringan perpipaan (bak kontrol dan lubang perawatan) dan sambungan rumah tangga. Unit pengolah limbah ada yang terletak jauh dari lokasi warga pengguna IPAL Komunal ada juga yang berlokasi di lokasi pemukiman warga

limbah atau air buangan tidak bisa dibuang begitu saja, seperti halnya limbah padat atau sampah yang juga tidak bisa dibuang sembarangan. Meskipun kelihatannya air limbah bisa langsung meresap ke dalam tanah atau mengalir di sungai, air limbah rumah tangga sebenarnya juga merupakan limbah yang merusak lingkungan hidup. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *