18 Wartawan Ikuti UKW Angkatan ke-37 yang Digagas PWI Sumsel dan SKK Migas

Palembang, Mediasriwijaya– Sebanyak 18 wartawan dari media cetak, online, media elektronik mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-37 yang digagas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan (Sumsel) dan SKK Migas.
Kegiatan UKW yang digelar selama dua hari 28-29 Juni di Hotel Beston Palembang, dibuka secara resmi Gubernur Sumsel H Herman Deru diwakili Kepala Dinas Kominfo Sumsel H Ahmad Rizwan.
UKW angkatan ke-37 dihadiri Ketua Bidang Advokasi PWI Pusat H Oktaf Riyadi, Ketua DKP PWI Sumsel H Kurnati Abdullah, Manager Institutional Relation PT Medco E&P Indonesia Hirmawan EKo Prabowo, dan perwakilan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) SKK Migas.
Dalam rangkaian pembukaan UKW itu digelar penyerahan secara simbolis empat unit laptop bantuan Pemprov Sumsel untuk PWI Sumsel yang diserahkan oleh Kepala Dinas Kominfo Sumsel H Ahmad Rizwan kepada Sekretaris PWI Sumsel Dwitri Kartini.
Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar dalam sambutannya mengatakan, UKW ini sudah menjadi komitmen sejak adanya Piagam Palembang dan termaktub dalam UU Pers No 40 Tahun 1999.
Menurut Firdaus, UKW suatu proses menuju wartawan yang profesional dan menghasilkan karya yang bermafaat bagi masyarakat.
Pada kesempatan itu, Firdaus mengucapkan terima kasih kepada SKK Migas dan KKKS yang terus konsisten mendukung kegiatan UKW.
Ketua Bidang Advokasi PWI Pusat H Oktaf Riyadi mengucapkan rasa terima kasih kepada PWI Sumsel yang berkesinambungan menyelenggarakan UKW.
Menurut Oktaf Riyadi, peningkatan kualitas wartawan suatu kebutuhan dan sangat penting. Sehingga UKW menjadi tolok ukur seorang dalam menulis berita dan pemahaman UU Pers serta Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA).
Manager Institutional Relation PT Medco E&P Indonesia Hirmawan EKo Prabowo mengatakan, jika kegiatan UKW ini berkesinambungan yang digelar SKK Migas dan PWI Sumsel.
Menurut Hirmawan, kegiatan UKW ini meningkatkan kapasitas jurnalis dan meningkatkan hubungan baik antara SKK Migas, KKKS, dan PWI Sumsel.
Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru diwakili Kepala Dinas Kominfo Sumsel H Ahmad Rizwan mengatakan, UKW merupakan upaya PWI dalam melakukan pembinaan terhadap wartawan agar mengedepankan kompetensinya dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.
Menurut dia, UKW ini sangat penting dan berharap melalui kegiatan ini melahirkan wartawan yang profesional dan kompeten. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.