Upaya Menghindarkan Warga Dari Sebaran Covid-19

PATI,MEDIASRIWIJAYA – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-111 Kodim Pati tahun 2021, yang berlangsung di Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Jawa tengah, para personel TNI sangat peduli dengan kondisi kesehatan masyarakat setempat di tengah pandemi Covid 19.

Upaya menghindarkan warga dari sebaran Covid-19 yang masih terjadi di wilayah Kabupaten Pati, personel Satgas TMMD Reguler Kodim Pati terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat di berbagai tempat baik dengan mendatangi rumah warga, di jalan maupun di tempat berkumpulnya warga, seperti warung ataupun Masjid.

Menurut Komandan Satuan Setingkat Kompi (Dan SSK) Satgas TMMD Kabupaten Pati, Kapten Kav Budi Karyadi S.E, kepedulian terhadap masyarakat menjadi bagian dari tugas TNI, sehingga di tengah pandemi Covid-19 ini para personel Satgas TMMD diharapkan melakukan langkah untuk memutus mata rantai sebaran covid-19 di lokasi kegiatan TMMD.

“Selain himbauan, para personel Satgas TMMD juga membagikan dan memberikan masker kepada warga yang ditemuinya dimana saja dan kapanpun. Kegiatan ini juga untuk mengubah kebiasaan masyarakat agar patuh pada himbauan Pemerintah,” tuturnya. Minggu (13/6/2021)

Himbauan kepada warga masyarakat, lanjut Budi, yakni pendisiplinan Protokol Kesehatan (Prokes) 5M kepada masyarakat, dengan cara, Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, Memakai masker, Menjahui kerumunan, Menjaga jarak aman dan Mengurangi Mobilitas, agar tak tertular Covid-19. Hal tersebut juga untuk mengamankan para anggota Satgas yang sedang menjalankan kegiatan program pembangunan fisik dan non fisik di lokasi TMMD.

Kepala Desa Tamansari Gus Amin menuturkan, melihat upaya yang dilakukan para personil Satgas TMMD ke-111Kodim 0718/Pati yang turut menjaga masyarakat desa, agar tak tertular Covid-19 sangatlah patut mendapatkan apresiasi. Pasalnya, selama ini masyarakat banyak yang mengabaikan Prokes, namun dengan segala upaya terus dilakukan personel Satgas akhirnya masyarakat terbiasa menjalankan kegiatan sehari-hari dengan tetap mematuhi Prokes.

“Anggota TNI setiap ada kesempatan membagikan masker kepada setiap warga yang tak menggunakan masker dan menghimbau untuk tetap disiplin Prokes Covid-19 gencar dilakukan, sehingga membuat masyarakat desa jadi semakin terbiasa menerapkan Prokes,” ujar Kades. (0718)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.