UMPalembang Kembali Wisuda Sarjana Baru Program S1 ke 69 dan Program S2 ke 30 Tahun Akademik 2020 - 2021

UMPalembang Kembali Wisuda Sarjana Baru Program S1 ke 69 dan Program S2 ke 30 Tahun Akademik 2020 - 2021
Foto: IST - Para wisudawan terbaik foto bersama Rektor dan para wakil rektor serta perwakilan Bank Sumsel Babel Syariah

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Universitas Muhammadiyah (UM) Palembang kembali menelurkan sarjana baru. Kali ini pelaksanaan wisuda sarjana baru dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) ketat dilaksanakan di Hotel Wyndham OPI Palembang dengan empat sesi terdiri dari dua hari pelaksanaan yaitu Rabu (25/11) dan Kamis (26/11) yang masing-masing dibagi dua sesi pelaksanaan. Pelaksanaan selain secara tatap muka juga digelar secara virtual sehingga seluruh keluarga para wisudawan bisa menyaksikan prosesi wisuda ini.

Rektor UMPalembang, Dr.Abid Djazuli, SE.,MM mengawali sambutannya mengajak hadirin memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena hanya atas rahmat dan ridha-Nya sehingga pada pagi hari ini, di tengah segala keterbatasan karena pandemi Covid-19, masih diberikan kesempatan untuk dapat bersilaturahmi dalam rangka melaksanakan satu kegiatan yang sangat penting, yaitu Wisuda Ke 69 untuk program sarjana dan ke-30 untuk program pascasarjana Tahun Akademik 2019/2020 Periode Oktober 2020 dalam keadaan sehat, berbahagia. Pelaksanaan wisuda kali ini,  kita tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, dengan menjaga jarak,  memakai masker serta pembatasan waktu berkumpul, guna mencegah penularan virus covid-19," ujar Abid.

Selanjutnya, Abid melaporkan wisuda lulusan Universitas Muhammadiyah Palembang kali ini sebanyak 1024 orang yang terdiri atas, lulusan program Sarjana (S1), program Magister (S2). Sampai dengan tahun akademik 2020 - 2021 Universitas Muhammadiyah Palembang menyelenggarakan sebanyak 32 program studi; yang terdiri atas, 4 program Magister (S-2) dan 26 program Sarjana (S-1), 2 program profesi. Semua program studi, telah terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan rincian 16 % terakreditasi unggul (A)  dan 82 % terakreditasi Sangat Baik (B)  dan alhamdulilah syukur dua minggu yang lalu program studi Pendidikan Biologi (S1) di fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) berhasil meraih Akreditasi Unggul (A) dari BAN-PT. "Ini berarti bahwa secara Institusional Universitas Muhammadiyah Palembang  sudah memenuhi syarat minimal untuk mendapatkan akreditasi institusi Unggul (A). Hasil akreditasi ini tidak saja membahagiakan  kita semua tetapi juga membuktikan bahwa kegiatan pengelolaan Universitas Muhammadiyah Palembang telah memenuhi bahkan melampaui  standar Nasional Pendidikan Tinggi  (SNPT), sebagai mana yang ditentukan peraturan menteri Pendidikan nasional nomor 3 tahun 2020. 2 Minggu lalu prodi biologi FKIP berhasil unggul atau A dari BAN. Ini berarti secara intitusional sudah penuhi syarat minimal unggul atau A," ujar Abid.
 
Sejumlah raihan dan prestasi kerja Universitas Muhammadiyah Palembang, pada dasarnya merupakan hasil dari sistem perencanaan yang efektif dan pelaksanaan program kerjanya yang berdisiplin. Muara dari sistem perencanaan tersebut berfokus pada peningkatan kualitas suasana akademik.

Aspek yang dibangun oleh Universitas Muhammadiyah Palembang, dalam rangka menciptakan suasana akademik yang kondusif adalah dengan  pelaksanaan siklus penjaminan mutu dengan menerapkan pola  PPEPP ( Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Peninjauan dan peningkatan ), yang  dilakukan secara berkelanjutan.  Mutu atau kualitas telah dijadikan filosofi dasar dalam mengelola kegiatan akademik dan non akademik. Semua sistem layanan telah ditentukan deskripsi mutunya, pelaksanaannya dimonitor, dan hasilnya dievaluasi secara berdisiplin ,  Standar Nasional Pendidikan Tinggi  (SNPT) telah dideskripsikan secara rinci; isi ketentuannya diimplementasikan secara berdisiplin dalam semua jenis layanan akademik maupun non akademik mulai dari Universitas  sampai ke Program studi. Sedangkan di bidang Pengembangan sarana dan Prasarana  perkuliahan   dikampus , saat ini dalam tahap pembangunan  dengan tampilan baru dan megah sehingga hal itu mampu menciptakan keasrian lingkungan dan keinginan yang kuat bagi mahasiswa untuk berada di kampus dalam rangka mengelola pembelajaran mereka yang berkualitas. Demikian juga dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM) baik Dosen maupun tenaga kependidikan dilaksanakan secara  dan terprogram, saat ini kita telah memiliki 79 dosen berpendidikan Doktor (S3) dan masih banyak dosenn yang sedang menempuh pendidikan S3 baik didalam maupun diluar negeri sehingga terget agar 35 % dosen berkualifikasi Doktor pada tahun 2022 akan dapat tercapai. "Demikian halnya dengan  tenaga kependidikan UMPalembang terus berupaya agar memiliki tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugasnya serta memiliki sertifikasi dan kompetensi yang linear, sehingga diharapkan kualitas layanan kepada mahasiswa dan stakeholder akan sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan," tambah Abid yang pada kesempatan ini menyitir surat an-nisa ayat 95 yang intinya memotivasi kepada wisudawan agar mempunyai semangat dan tekad untuk menggapai apa yang di cita-citakan.

Abid juga berpesan kepada para wisudawan antara lain:
1.Jadikanlah Wisuda ini sebagai tonggak awal saudara  untuk berkarya  
2.Teruslah Belajar untuk menjadi pintar, cerdas, berpengetahuan, berwawasan dan berusaha untuk  mandiri
3.Jangan Berhenti belajar karena menganggap dirinya sudah pintar, berarti ketertinggalan yang merugikan. Sebaliknya, keberhasilan yang telah saudara raih, merupakan pintu masuk untuk menjelajahi dunia ilmu yang luas
4.Tetaplah Istiqomah dan amanah dalam menjalankan tugas dan pekerjaan saudara

Hadir pada wisuda sesi pertama ini antara lain Prof.Yuliansyah, SE.,MSA.,Ph.D.,Akt. CA . Kepala Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2 DIKTI)  Wilayah II, Koordinator Kopertais Wilayah II, Prof. Lincolin Arsyah.,Ms.C., Ph.D Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah
Yth. Ketua Pempinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan, Prof. Dr. Romli SA., M.Ag., Ketua Badan Pelaksana Harian Universitas Muhammadiyah Palembang  Bapak Dr.H.M.Idris, SE.,MSI, Anggota Senat Universitas Muhammadiyah Palembang, Wakil Rektor, Dekan dan Direktur Pascasarjana di lingkungan UMP.

Wakil Rektor Prof Indawan Sahri, MPd membacakan SK Rektor tentang peserta wisuda kali ini yaitu terdiri dari 244 wisudawan dari fakultas teknik,
337 fakultas ekonomi, FKIP sebanyak 133, Fakultas Pertanian 67, FAI 99, FK 35 dan Program Pascasarjana sebanyak 81 orang.

Kepala LLDikti Wilayah 11 Dr Nuril Furkan, MPd yang dalam sambutannya cukup bersemangat berpesan kepada para wisudaran, "Bahwa ini bukan akhir kegiatan tapi langkah awal dalam berkehidupan. Oleh karena itu kembangkan kompetensi kalian. Terus belajar. Bahwa harus jaga nama baik almamater dan jaga roh Muhamadiyah jangan sampai dicederai. Jaga nama baik almamater UMP di mana pun berada. Selain itu jaga silaturahmi. Perkuat dengan seluruh civitas akademika karena kalian tetap dalam satu ikatan silaturahmi dengan keluarga besar UMPalembang," ujar Nuril yang juga dengan bersemangat menyatakan pihaknya terus ikut mendorong UMP jadi world class university. "Kita punya sarana dan prasarana memadai jadi tidak ada yang tidak mungkin. UMPalembang sudah buktikan hasilkan SDM yang mumpuni. Eksistensi sudah diakui dengan berbagai prestasi dan capaian yang didapat. Capaian-capaian akreditasi itu sebagai bukti. Usulan saya agar memperbanyak prodi S2 dan S3 sangat kami dorong. Percepatan kami harapkan. Kami akan lakukan proses pendampingan terutama untuk menulis di jurnal. Ini target kami peningkatan proses belajar. Kepada para wisudawan, buktikan bahwa kalian adalah orang- orang pintar keluaran UMPalembang," kata Nuril.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Dr Romli SAg. MAg mengatakan atas nama Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumsel sampaikan apresiasi terhadap rektor dan seluruh jajaran yang telah melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan kendala-kendala yang cukup berat. "Apresiasi juga pada para wisudawan yang secara formal telah selesai ikuti prodi di fak masing-masing. Di tengah keadaan sulit pandemi alhamdulilah tetap sukses bisa akhiri pendidikan dengan baik. Ini tidak mudah. Semoga jadi ilmu yang berkah dan bermanfaat. Hari ini diwisuda tapi tak berhenti belajar. Nabi menganjurkan tuntutan ilmu sejak dalam ayunan sampai tiang lahat. Belajar itu apa yang dialami diperoleh dalam perjalanan hidup dari hari ke hari dengan pengalaman itu. Kepada para wali dan orangtua selamat dan sekaligus terima kasih yang telah percayakan anaknya belajar di UMPalembang yang usianya sudah 40 tahun. Alumni tersebar dan eksis. Baru saja kita dapat lagi kabar gembira yaitu Prodi Akua kultur dapat A akreditasi Fakultas Perikanan. Ini sebagai bukti komitmen UMPalembang," katanya.

Wakil Ketua PP Majelis Dikti Litbang Muhammadiyah Pusat Dr Syamsudin dalam pidato virtual mengatakan Atas nama lembaga ucapkan selamat kepada para wisudawan. "Kita bersyukur kepada Allah di tengah pandemi masih bisa selesaikan tugas belajar di UMPalembang. 108 tahun Muhammadiyah sejak 1912 tentu usia yang panjang dengan dilalui berbagai dinamika. Ini berarti Muhammadiyah tetap berikan andil dan ikut menyelesaikan masalah bangsa. Pesan saya tunjukkan bahwa kalian adalah alumni yang berkompetensi dengan kemampuan penguasaan terhadap ilmu yang dipelajari di UMPalembang. Selanjutnya kalian harus tunjukkan karakter yang didasarkan pada al islam dan kemuhammadiyahan," pesannya.

Wisudawan terbaik di antaranya atas nama Deesi Natasya IPK 3.71 dengan pujian, Dewi Ratih, SSos FAI IPK 3,80, Dr. Rara krisdayanti IPK 3
66 dari FK, Yusri, MH IPK 3,96 dari Program Pascasarjana, Febrizal Lubis, MH IPK 3.96, Andi Azwar Azis, MM IPK 3,90, Fidia Lestari, MPd IPK 4,0 dan Reno Winaldo MT dengan IPK 3,96. (iah)