UM Palembang Wisuda Ke 69 Program S1 dan Program Pascasarjana (S2) ke-29 

UM Palembang Wisuda Ke 69 Program S1 dan Program Pascasarjana (S2) ke-29 
Rektor saat melantik para wisudawan

* Tahun Akademik 2019/2020 
* Pelaksanaan Sesuai Protokol Kesehatan

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Bertempat di Ballroom Hotel Wyndam OPI Palembang, Kamis (22/10) dan Jumat (23/10) melalui Sidang Senat Terbuka Universitas Muhammadiyah Palembang menggelar Wisuda Sarjana Strata 1 yang ke 69 dan Program Pascasarjana (S2) ke 20. Pelaksanaan wisuda ini dilaksanakan sesuai dengan standar protokol kesehatan (Prokes) dengan aturan yang ketat baik dari penyelenggara dalam hal ini manajemen UM Palembang maupun pihak Hotel Wyndam selaku tempat penyelenggara. Seluruh keluarga tidak diperkenankan hadir di ruang prosesi wisuda. Bahkan dari seluruh peserta wisuda yang dibagi tiga sesi yaitu Kamis (22/10) pukul 08.00 - 12.00 WIB dilanjutkan sesi kedua pukul 14.00.16.00 WIB. Hari kedua, Jumat (23/10) dilaksanakan kembali dengan hanya satu sesi yaitu dari pukul 08.00 - 12.00 WIB dengan tetap dikawal aturan protokol kesehatan yang ketat mulai dari pemakaian masker, face shield, sarung tangan, hand sanitizer ketika memasuki areal hotel dan cek suhu oleh petugas. Selanjutnya, peserta wisuda yang duduknya diberikan jarak sesuai standar tidak diperkenankan membawa barang yang tak perlu seperti tas, ponsel dan sebagainya kecuali perlengkapan wisuda.

Rektor memindahkan kuncir salah satu wisudawan

Rektor UM Palembang,  Dr.Abid Djazuli, SE.,MM dalam sambutannya mengatakan pembagian wisuda periode ini dilaksanakan secara bertahap dengan berdasarkan fakultas semata-mata memenuhi ketentuan protokol kesehatan yang membatasi jumlah dan waktu pelaksanaan wisuda. "Sehingga kita dapat menghindari kemungkinan terjadinya penularan virus covid-19. Prosesi wisuda ini seharusnya dilaksanakan pada di bulan April 2020, namun harus kita tunda demi kebaikan bersama karena Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global, dan pelaksanaannyapun dilakukan tiga tahapan, guna mencegah penularan virus tersebut.  
Kepada orangtua, Wali, Pemerintah Daerah, Donatur, Penyedia Beasiswa, dan keluarga wisudawan, saya turut bersyukur, berbahagia dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena atas dukungan bapak dan ibu, para mahasiswa dapat fokus menjalani studi. Serta tak lupa, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh tenaga pendidik (Dosen) dan tenaga kependidikan Universitas Muhammadiyah Palembang atas dedikasinya," ujar Abid.

Wisudawan terbaik foto bersama Rektor dan para wakil rektor UM Palembang

Dr Hj Fatimah (Wakil Rektor) saat menyerahkan cenderamata kepada salah satu wisudawan terbaik.

Astrid Harera, salah satu alumni mewakili sambutan 

Prof Dr Indawan, Wakil Rektor saat membacakan alumni terbaik pada wisuda sesi kedua.

Menurutnya, setelah menempuh pendidikan tinggi di kampus yang kita cintai ini, Saudara/Saudari telah memperoleh dan menyerap banyak ilmu, bekal dan pengalaman. Kami berharap ilmu, bekal dan pengalaman yang telah Saudara/Saudari peroleh dan serap selama menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Palembang benar-benar dapat Saudara/Saudari amalkan dan kembangkan di jalan yang benar dan bermanfaat, sesuai dengan pilar kecerdasan dan kebudiluhuran. Universitas Muhammadiyah Palembang sangat mengharapkan Saudara/Saudari tetap memiliki komitmen yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya, serta senantiasa menjunjung tinggi almamater Universitas Muhammadiyah Palembang," kata Abid seraya berharap para alumni ini menjadi insan yang cerdas dan berbudi luhur, berakhlak mulia dan bermanfaat bagi kemaslahatan umat. Kami berharap Saudara/Saudari terus meningkatkan kualitas, kompetensi, kreativitas dan inovasi sebagai wujud nyata atas tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, bangsa, negara dan umat. Perbaikan dan penataan sistem pendidikan perlu dilakukan agar mampu mendorong perubahan-perubahan yang signifikan dalam menghadapi tantangan dan mengisi peluang tersebut. Salah satu yang perlu kita persiapkan ialah sumber daya insani Indonesia, kini dan mendatang, selain memiliki ijazah akademik, juga memiliki sertifikasi kompetensi dan sertifikasi profesi. Para lulusan perlu juga memiliki kemampuan berbahasa internasional serta berkemampuan adaptif, kreatif, dan inovatif.

Di hari kedua, Rektor UM Palembang Dr Abid Djazuli SE MM juga menyampaikan sambutan resmi. "Hari ini adalah wisuda tahapan ke-tiga, dalam wisuda periode Oktober tahun 2020 yang seharusnya dilaksanakan pada bulan April 2020, namun karena pandemi covid 19, kita harus menunda pelaksanaan wisuda tersebut, pelaksanaan wisuda hari juga dilaksanakan dengan sepenuhnya memperhatikan protokol kesehatan dan kita dibatasi oleh waktu dalam mengadakan upacara wisuda ini. Wisuda adalah hari yang telah dinanti-nantikan oleh para mahasiswa dan orang tua, karena setelah lebih kurang 4 tahun atau delapan semester menimba ilmu pengetahuan di Universitas Muhammadiyah Palembang sampai mencapai derajat akademik, baik sebagai sebagai Sarjana S1 maupun S2. Untuk itulah dalam kesempatan ini saya mengucapkan selamat dengan iringan doa semoga hari ini menjadi pintu gerbang menuju jembatan emas keberhasilan masa depan yang gemilang di bawah rido Allah. Namun perlu diingat, bahwa wisuda bukanlah akhir dari sebuah perjuangan," ujar Abid. 

Memasuki usianya yang ke-41, Universitas Muhammadiyah Palembang terus melaksanakan pembenahan, perbaikan dan perubahan-perubahan sesuai dengan kemajuan Teknologi Informasi masyarakat global yang dinamis. Kami berusaha meningkatkan Mutu Pelayanan dan Penyelenggaran Pendidikan dalam upaya memperoleh Standar Akademik Pendidikan yang paripurna, melalui manajemen jaringan informasi yang luas dan kerja sama yang kondusif antar institusi baik di dalam maupun luar negeri. Untuk mewujudkan semua itu maka pembangunan dan pengembangan Universitas Muhammadiyah Palembang dilakukan sesuai Visi Misi Tujuan dan Sasaran yang diimplementasikan kdalam rencana strategis (RENSTRA) dan Rencana Operasional (RENOPS)   Pengembangan tersebut antara lain di bidang Sumber Daya Manusia antara lain Peningkatan kualifikasi pendidikan dosen berpendidikan  S3 baik di dalam maupun di luar negeri saat ini UM Palembang sudah memiliki 79 Dosen yang berpendidikan Strata Tiga (S3)  dan ada 48 dosen yang sedang melanjutkan pendidikan ke strata tiga (S3) di dalam dan luar negeri.

Upaya peningkatan peringkat akreditasi yang telah dilakukan, secara perlahan sudah menunjukkan hasil yang baik, alhamdulilah syukur dalam dua bulan terakhir ada dua tambahan program studi yang berhasil  meraih akreditasi unggul (A) yaitu program studi Administrasi Pendidikan   FKIP  dan Program studi Ilmu hukum di Fakultas Hukum, semoga hasil yang baik ini akan memacu program studi yang lain untuk mendapatkan peringkat akreditasi A (Unggul) juga. Di Bidang Sarana dan Prasarana secara bertahap kita sudah memulai untuk membangun kampus menuju kampus terpadu dan terintegrasi dan Modern, saat ini di Kampus B telah selesai pembangunan gedung perkuliahan baru berlantai lima yang mulai semester ganjil tahun akademik 2020/2021 telah dipergunakan oleh fakultas teknik (FT) dan fakultas agama Islam (FAI).  Selanjutnya saat ini tengah dilakukan pembangunan  gedung perkuliahan di kampus A berlantai VII, yang insya allah akan dapat dipergunakan awal tahun akademik 2021/2022 yang akan datang.

Pesan Abid kepada para alumni antara lain jaga akidah, jaga akhlak, bekerja dengan baik dan ikhlas dan jadi pribadi yang semangat dan optimis.

PLT. Kepala Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2 DIKTI) Wilayah II Dr. Nuril Furqon, M.Pd., Ketua Pempinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan Prof. Dr. Romli SA., M.Ag, Ketua Badan Pelaksana Harian Universitas Muhammadiyah Palembang  Bapak Dr.HM.Idris, SE.,MSI, Anggota Senat Universitas Muhammadiyah Palembang, Wakil Rektor, Dekan dan Direktur Pascasarjana di lingkungan UM Palembang.

Pada kesempatan ini, salah satu wakil alumni atas nama Astrid Herera dari FKIP UM Palembang menyampaikan sepatah kata atas nama alumni. "Wisuda yang berbeda tanpa orangtua atau wali, semoga tak mengurangi rasa bahagia. Kita tak pernah berpikir akan ada pandemi, tapi kita petik banyak hal tentang kebesaran Allah. Ini momen seremonial buat kita semua, mulai saat ini kita tanggalkan gelar mahasiswa dan menjadi alumni. Ibarat besi kami sudah ditempa UM Palembang. Sesuai motto, Unggul dan Islami. Jadi alumni suatu kebanggaan apalagi eksistensi UM Palembang. Saya salah satu alumni yang bisa ke Thailand, ini suatu kebanggaan berkat kuliah di UM Palembang. Semoga program internasional dan semoga UM Palembang bisa wujudkan cita- cita jadi Universitas Bertaraf Internasional," ujar Astrid.

Alumni Terbaik dalam Wisuda Program Sarjana (S1) Ke-68 dan Pascasarjana (S2) Ke-29 Universitas Muhammadiyah Palembang tahun 2020 ini diraih oleh Hendra Pratama dari Fakultas Teknik dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,71., Pitri Ulandari dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3,80., Larasati Kusuma Putri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan IPK 3,82., Salamah dari Fakultas Pertanian dengan IPK 3,66., Rizky Dwi Utami dari Fakultas Hukum dengan IPK 3,97., Ahmad Kodri dari Fakultas Agama Islam dengan IPK 3,66., Zadi Oktariansyah dari Fakultas Kedokteran dengan IPK 3,53., Samuel Halomoan Hutabarat dari Pascasarjana Magister Hukum dengan IPK 3,96., Megawati dari Pascasarjana Magister Manajemen dengan IPK 3,91., Raitan Dewi dari Pascasarjana Magister Pendidikan Biologi dengan IPK 3,94., dan Nurlailah dari Pascasarjana Magister Teknik Kimia dengan IPK 3,96.

Sebanyak 873 orang lulusan universitas muhammadiyah Palembang yang terdiri dari 763  orang lulusan Program Sarjana dengan IPK rata-rata  3.53, 75 orang lulusan Program Magister dengan IPK rata-rata 3.67, 35 orang lulusan Program Profesi Dokter dengan IPK rata-rata 3,28. (*)