Uji Kompetensi Calon Sekda Muaraenim 

Uji Kompetensi Calon Sekda Muaraenim 
foto: dok Humas UIN RF - Suasana uji kompetensi calon sekda Muaraenim

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Atas dasar Surat Tugas Dekan Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Dr. Muhamad Uyun menjadi salah satu anggota Timsel calon kepala Daerah (Sekda) Kab. Muara Enim, yang berlangsung selama 2 hari Senin-Selasa, 26-27 Januari 2021 yang bertempat di hotel Aston Palembang.

Hari pertama dimulai pukul 8.45 wib yang diawali dengan briefing timsel untuk menyamakan persepsi, selanjutnya dimulai proses wawancara satu persatu calon sekretaris daerah.  Dasar job fit hari ini adalah hasil dari asessmen dan portofolio calon yang bersangkutan.  

Adapun peserta yang mengikuti calon sekda kab. Muara enim cukup banyak yaitu 25 peserta yang sebelumnya telah dinyatakan lolos secara administrasi mereka memenuhi syarat. 

Hari pertama ada 12 peserta yang telah selesai menjalankan proses job fit, sisanya dilanjutkan hari kedua 

Adapun kesan kesan hari pertama yang disampaikan oleh peserta pada umumnya semua calon sangat yakin dan percaya diri akan kemampuan dan mereka mengatakan punya kesempatan yang sama untuk menjadi calon sekda. 

Adapun kesan yang didapat oleh Dr. Uyun selaku anggota timsel pada umumnya peserta memiliki kualifikasi dan kompetensi untuk menjadi calon sekda karena peserta telah memiliki pendidikan dan yang terpenting pengalaman lapangan dalam melayani masyarakat. Saya pikir tinggal nasib dan garis tangan dari peserta ujar Dr. Uyun sambil tersenyum. 

Selanjutnya harapan harapan kedepan mudah mudahan hari kedua besok berjalan dengan lancar kata Uyun, serta yang terpenting adalah kab Muara Enim mendapatkan sosok sekda yang mampu mengayomi dan mendengarkan aspirasi masyarakat kabupaten Muara Enim yang Agamis

Dekan fakultas psikologi Dr. Zuhdiyah, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi fakultas dan dosen khususnya untuk rekognisi dosen dan menunjang akreditasi prodi yang salahsatu nya adalah pengabdian pada masyarakat profesi. Selanjutnya dekan menjelaskan bahwa fakultas psikologi UIN Raden Fatah saat ini telah memiliki unit Asessmen center yang sudah standar dan lab komputer terpadu di bawah laboratorium terpadu fakultas termasuk di dalamnya lembaga psikologi terapan fakultas yang semua unit telah operasional. Kemudian dekan menjelaskan bahwa fakultas memberi kesempatan kerjasama yang saling menguntungkan untuk asessmen dan tes psikologi. (rel)