UIN RaFa Siap "Hijaukan" Kampus Bergandengan dengan Kementerian LHK

UIN RaFa Siap
foto: IST - Foto bersama usai audiensi

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA  – Sambut rencana Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) bakal menghijaukan kampus B UIN Raden Fatah Palembang, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah (RaFa) Palembang siap merealisasikan penghijauan di Kampus Islami tersebut. Hal ini terungkap setelah Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Musi (BPDASHL Musi) Kementerian LHK, Siswo S.Hut., M.Si beraudiensi dengan Rektor UI Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si, kemarin.

Dia menjelaskan, kegiatan kerjasama dilakukan bukan terkait akademisi namun penghijauan di kampus berbasis Islam tersebut. “Kita mereview ulang kerjasama yang sudah dibangun selama ini, salah satu kerjasama yang kita perkuat adalah penghijauan,” jelasnya.

Rencananya, sambung Siswo, pihaknya akan membagikan 3.000 bibit pohon untuk ditanam di lingkungan kampus UIN Raden Fatah Palembang. Penghijauan dilakukan sebagai upaya menciptakan paru-paru kota di kampus tersebut. “Pohon yang akan kita bagikan juga bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk melakukan penelitian,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor UI Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si, mengaku bahagia dengan kerjasama yang dibangun selama ini. Dengan bantuan dari Kementerian LHK ini bisa mendukung kegiatan penelitian mahasiswa. “UIN Raden Fatah Palembang selama ini memang didukung oleh pemerintah dan BLU, sebab kampus kami termasuk Perguruan Tinggi BLU,” terangnya.

Masih kata Rektor, UIN Raden Fatah Palembang memiliki tiga lahan sebagai pusat pendidikan, seperti Kampus A ada di Jalan Sudirman, Kampus B di Jakabaring dan Kampus C berada di Kabupaten Muara Enim. “Luas lahan di Kampus C yaitu 103,7 hektar, tapi yang sudah dibuat hutan kota 15 hektar,” tambah Prof Nyayu.

Ketua Satuan Pengawas Internal, Mawardi Msi, mengaku memiliki tugas pengawasan pengelolaan untuk Pendidikan BMN dan keuangan. “Saya hanya ingin meninjau masa pemanfaatan kerjasama tersebut,” akunya. (rel)