UFC 229: Khabib Nurmagomedov Kalahkan Conor McGregor. Pertarungan berakhir ricuh.

UFC 229: Khabib Nurmagomedov Kalahkan Conor McGregor. Pertarungan berakhir ricuh.
(net)

MEDIASRIWIJAYA.com - Pegulat UFC asal Rusia, Khabib Nurmagomedov mengalahkan pegulat Irlandia, Conor McGregor di gelaran UFC 229 yang Minggu (7/10/2018) di T-Mobile Arena, Las Vegas, Nevada dengan submission (lawan menyerah). Dalam pertarungan yang berlangsung empat ronde tersebut, Khabib sukses mempertahankan gelar juara UFC kelas ringan yang disandangnya untuk pertama kali.

Duel McGregor dan Khabib berlangsung panas sejak awal ronde pertama. McGregor tampil agresif, namun Khabib bertahan dengan baik dan berhasil menyudutkan McGregor, memaksa petarung Irlandia itu bergulat di lantai octagon.

Memasuki ronde kedua, Khabib kembali tampil dominan. Dia menjatuhkan McGregor, memaksa McGregor kembali bergulat di lanntai dan melayangkan pukulan bertubi-tubi ke arah McGregor. McGregor beruntung bisa bertahan sampai akhir ronde kedua.


(net/independent.co.uk)

Di ronde ketiga, McGregor berusaha membalikkan keadaan. Namun pukulannya tak cukup ampuh untuk menjatuhkan sang lawan. Khabib berusaha menjatuhkan McGregor tapi gagal. McGregor mengambil ronde kedua.


(net/ufc.com)

Khabib menyelesaikan perlawanann sang lawan pada ronde keempat. Khabib menjatuhkan McGregor dan mengunci pergerakannya. McGregor melakukan kesalahan, membuka sisi kanan pertahanannya saat berusaha melepaskan diri dari kuncian Khabib, situasi ini dimanfaatkan Khabib yang berhasil mencekik leher McGregor dan memaksanya melakukan tap (tanda menyerah) saat ronde tersebut berlangsung 3 menit 3 detik. Khabib mengakhiri perlawan McGregor melalui submission.

Namun drama belum berakhir, setelah wasit Herb Dean memisahkan kedua petarung tresebut Khabib melangkah ke arah tim McGreagor, berteriak dan melempar pelindung mulutnya.

Ia kemudian keluar melompati pagar octagon dan terlibat baku hantam dengan pelatuh jiujutsu McGregor, Dillon Dannis. Beruntung pihak keamanan dengan cepat berhasil memisahkan keduanya.

Sementara itu, tiga orang anggota tim Khabib memanfaatkan momen ini dengan memasuki octagon dan menyerang McGregor. Ketiga orang tersebut berhasil diamankan dan McGregor kemudian dikawal ketat.

Pihak keamanan dan polisi berhasil menguasai suasana kisruh tersebut setelah beberapa menit dengan kedua pegulat dibawa keluar dari T-Mobile Arena menuju ruang ganti.

Presiden UFC, Dana White juga terlibat cekcok mulut dengan Khabib dan menolak memberikan sabuk juara kepada Khabib di dalam octagon karena alasan keamanan.

"Jika saya memberikan sabuk ini, penonton akan melempari sesuatu ke octagon." ujar White kepada Khabib.

Dalam konferensi pers usai pertandingan - yang tidak dihadiri McGregor - Khabib mengekspresikan penyesalannya dan mengungkanpkan kebenciannya pada tindakan McGregor sebelum pertandingan berlangsung, seperti saat McGregor melempari bus yang ditumpangi Khabib dan pegulat lain April lalu yang menyebabkan beberapa orang terluka. 

"Pertama saya ingin menminta maaf pada Komisi Atletik Nevada dan kemudian kepada Vegas. Saya tahu ini bukan sisi terbaik saya. Saya hanya manusia biasa." ujar Khabib.

"Tetapi saya tidak mengerti kenapa orang-orang dapat membicarakan tentang bagaimana saya melompat keluar pagar. Dia (McGregor) berbicara tentang agama saya, negara saya, dan ayah saya."

"Dia datang ke Brooklyn dan merusak sebuah bus, dia hampir membunuh beberapa orang. Bagaimana dengan ini? Kenapa orang-orang membicarakan aku melompati pagar? Saya tidak mengerti."

"Ini adalah olahraga terhormat, bukan olahraga omongan sampah. Saya ingin merubah permainan, anda tidak bisa berbicara tentang agama, tentang nasionalitas." tutupnya.

Khabib akan menghadapi konsekuensi karena tindakannya ini, Dana White tidak menutup kemungkinan UFC akan mengambil titel juara dari Khabib.

"Jika Khabib dihukum, tergantung berapa lama hukumannya tersebut. Jika hukumannya lama, yah, kemungkinan titelnya akan dilucuti." (net)