Tingkatkan Semangat Produsen Pempek, Senator Arniza Nilawati Beri Bantuan Tenong (Rantang Susun)

Palembang, mediasriwijaya.com – Dampak Pandemi Covid-19 yang paling terasa memukul UMKM adalah berkurangnya pendapatan akibat menurunnya daya beli masyarakat yang terjadi dari terbatasnya aktivitas sebagai salah satu usaha memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

Tidak terkecuali sebagian besar Pelaku UMKM penjual Pempek di sentra pempek Tangga Rajo Cindo Kelurahan 7 Ulu Kota Palembang yang membuat inovasi baru dalam cara berjualan, yaitu dengan memberdayakan para penjual keliling sebagai reseller agar omset penjualan dapat meningkat.

Seiring dengan upaya ini, Senator Arniza Nilawati, S.E., M.M., berinisiasi memberikan bantuan Tenong (Rantang Susun) untuk digunakan sebagai wadah Pempek ketika dibawa berjualan keliling. Hal tersebut dilakukannya pada kunjungan kerja sekaligus menggelar diskusi bersama penjual Pempek di Kawasan Sentra Pempek Tangga Rajo Cindo Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang, pada Selasa (21/9/2021).

Kegiatan yang diikuti Camat dan Sekretaris Camat, Ketua RT dan Para Penjual Pempek di Kawasan Sentra Pempek Tanggo Rajo Cindo Kelurahan 7 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I Palembang ini dalam rangka pelaksanaan tugas Anggota DPD RI melalui kegiatan perseorangan untuk menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihan.

Anggota Komite IV DPD RI Arniza Nilawati, S.E., M.M., mengatakan, pemberian bantuan Tenong (Rantang Susun) ini dilakukan sebagai upaya membantu meringankan beban ekonomi masyarakat akibat keterbatasan aktivitas dimasa pandemi Covid-19 serta mengajak seluruh pelaku UMKM untuk terus berusaha mengatasi berbagai kendala yang tengah dihadapi.

Arniza Nilawati, S.E., M.M., menjelaskan, pemberian bantuan Tenong (Rantang Susun) sebagai alat berjualan pempek keliling ini agar menambah semangat produsen pempek dalam mempertahankan jumlah produksi karena kesempatan meningkatkan kembali jumlah permintaan Pempek terbuka lebar mengingat masih banyak masyarakat yang belum begitu terbuka melakukan aktifitas jual beli di tempat umum akibat pandemi Covid-19.

Senator juga mengajak para penjual Pempek di Kawasan Sentra Pempek Tanggo Rajo Cindo Kelurahan 7 Ulu untuk tidak hanya mengandalkan pembeli yang datang namun berusaha menyiasati berbagai bisnis dengan cara mendatangi konsumen melalui pedagang keliling untuk mempertahankan jumlah produksi, mengingat jumlah permintaan Pempek diyakini akan tetap stabil bahkan meningkat.

Karena menurutnya, Pempek merupakan makanan khas warga masyarakat kota Palembang serta merupakan panganan tetap yang banyak sekali peminatnya. Sehingga upaya ini dilakukan agar produsen pempek dapat bertahan dan terus berproses sehingga tetap bisa menyediakan pempek dan secara tidak langsung mempertahankan kekayaan kuliner tradisional daerah kota Palembang yang telah mendarah daging dimasyarakat Sumatera Selatan dan masyarakat kota Palembang khususnya.

“Senator berharap pemberian bantuan Tenong (Rantang Susun) ini dapat memotivasi para penjual pempek untuk lebih bergairah meningkatkan produksi agar pendapatan tetap terjaga baik jumlahnya sehingga dengan tidak langsung dapat membantu masyarakat bertahan dari pandemi Covid-19” jelasnya.

(Rzp/riil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *