Terkait Meluber Air Rawa, DLH Mura Belum Bertindak

Terkait Meluber Air Rawa, DLH Mura Belum Bertindak
Foto: IST - Tampak air yang tergenang di jalan

MUSIRAWAS, MEDIASRIWIJAYA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Musirawas belum dapat memberikan tindakan terhadap melubernya air rawa ke jalan umum di
Wilayah Desa Pedang Kecamatan Muara Beliti Sumatera Selatan. "Kami tidak dapat melakukan suatu tindakan akaibat penimbunan yang melebar ke jalan sebab sudah kami teliti bukan milik Developer Perumahan Muara Beliti akan tetapi masih keluarga mereka. Kemudian kegunaannya belum jelas untuk apa?," kata Kabid Tata lingkungan Jalin Elsaprike, ST, M.Ling mewakili Kadis DLH Kabupaten MusiRawas Nedy pada Media, Rabu (18/11)

Menurutnya, dari pihak DLH hanya bisa mengawasi pada perusahaan atau badan usaha yang memiliki izin akan tetapi bila mereka tidak memiliki izin merupakan pelanggaran umum dan itu sudah bukan kapasitas kita untuk menanganinya. Kemudian sampai saat ini kami belum dapat mendeteksi siapa pemilik lahan yang melakukan penimbunan tersebut. Dalam catatan kita memang mereka tidak dalam areal izin yang dimiliki developer perumahan di sekitar itu. Dari pengamatan kami, air sudah tidak meluber lagi sudah dilakukan upaya pihak developer dengan membuka siring dari tempat itu makanya tidak ada lagi air naik ke jalan. Selanjutnya air tersebut akan naik bila ada hujan saja. Kita sudah dipanggil pihak Polres  untuk minta Konfirmasi air naik tapi kami jelaskan bukan areal izin perumahan. Berdasarkan pengamatan kami di lapangan dari sore dan malamnya tidak ada lagi kendala memang sebelumnya merupakan tampungan air sisi kiri dan kanan jalan maka rawa itu ditutup setiap hujan naik," urainya. (mud)