Talkshow Bedah Buku dan Temu Pendidikan Digelar Komunitas Guru Belajar Kota Lubuklinggau

Talkshow Bedah Buku dan Temu Pendidikan Digelar Komunitas Guru Belajar Kota Lubuklinggau
Foto: IST

LUBUKLINGGAU, MEDIASRIWIJAYA - Talkshow Bedah Buku dan kegiatan Temu Pendidik Daerah (TPD) Lubuklinggau oleh Komunitas Guru Belajar Kota Lubuklinggau di Eks Gedung Auditorium Pemkab Musi Rawas, Kamis (5/12).

Kegiatan dengan tema Merdeka Belajar, Merdeka Berkarya di Tengah Pandemi ini diikuti 50 guru dalam wilayah Kota Lubuklinggau ini memiliki tujuan agar semua pendidik tetap bersemangat mengajar dimasa pandemik.

Ketua KGB, Endang Armeidi menyampaikan kegiatan ini membangkitkan kembali semangat para guru berjuang selama masa pandemi, juga terus berkarya dan terus belajar demi mencerdaskan anak-anak bangsa.

Dalam acara juga ada penampilan dari drama musikal anak tentang manfaat membaca dan menulis serta Musikalisasi dan Pembacaan Puisi karya Endang Puspitasari dan anak-anak dari Fiona Musik Galeri. Lalu, Peluncuran dan Bedah Buku Musin Ibu oleh Endang Puspitasari dan Ketika Hariku Terus Berlalu oleh Nurdiani juga dilaksanakan talkshow bersama Narasumber Bedah Buku Penulis Benny Arnas dan Deny Nofriansyah.

Dalam talkshow ini dibahas mengenai berbagai proses dan tahapan hingga akhirnya berhasil menerbitkan sebuah buku. Salah satunya dengan rajin membaca dan juga menulis.

Nurdiani menerangkan, ia menulis dengan memulai apa yang disukainya dikumpulkan dari apapun ia temui dan senangi. Begitupun dengan Endang Puspitasari menyebutkan proses yang dilaluinya dalam menulis buku selama bertahun-tahun yang merupakan seluruh kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.

Benny Arnas dan Deny Nofriansyah sepakat menyampaikan bahwa semakin baik tulisan berasal dari pembaca yang baik. Menulis bukan hanya berasal dari ide cemerlang, tetapi juga mesti melalui proses dan ditulis dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya dilaksanakan acara Temu Pendidik Daerah yang dihadiri, Kepala Dinas Kominfo Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi, Kepala Dinas Pendidikan, Dian Candera, Perwakilan dari Dispurasip dan hadir juga Ketua KGB Nusantara, Usman Djabbar Mappisona secara virtual melalui zoom meeting. Dalam kegiatan dibahas mengenai cikal bakal terbentuknua KGB di Lubuklinggau dan perjuangan para guru dalam mendidik murid dengan segala perubahan-perubahan yang terjadi.

Kadiskominfo, Erwin Armeidi menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan positif KGB dalam menyampaikan pembelajaran luring di Rado Anak juga berbagai informasi positif lainnya.

Sementara, Dian Candera mengungkapkan, berbagai masalah yang hadir didunia pendidikan, dengan adanya KGB ini merupakan wadah bagi para guru untuk sharing dan memecahkan problematika yang terjadi.

Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat relawan TIK, penyerahan Sertifikat Guru dan juga penyerahan buku-buku karya guru-guru yang ada di Kota Lubuklinggau. (mud)