Tahun 2020 Selfi Anjal Sudah Miliki Asrama 

Tahun 2020 Selfi Anjal Sudah Miliki Asrama 

PALEMBANG, MS – Terkait wacana Dinas Pendidikan Kota Palembang yang akan mendirikan Sekolah Filial (Selfi) untuk Anak jalanan, hari Ini, Selasa(1/8/2019),  seluruh kepala Sekolah baik Tingkat SD maupun SMP Negeri yang ada di kota Palembang di undang mengikuti sosialisasi tentang adanya sellfi untuk anak jalanan dan anak putus sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Disdik Kota Palembang.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H. Ahmad Zulinto, S.Pd. MM, anak jalanan dan putus sekolah di Kota Palembang saat ini masih sangat tinggi lebih kurang 1278 anak. 

“Untuk mengatasi besarnya angka ini Dinas Pendidikan Kota Palembang membuka sekolah filial (Selfi) khusus untuk anjal dan anak putus sekolah, Insya Allah pada bulan September ini sudah kita lakukan,”ujar Zulinto. 

Atas izin walikota Palembang kata Zulinto, pihaknya sudah melaksanakan rapat dengan UPTD-UPTD terkait ada 15 Stekolder termasuk  dari lembaga-lembaga swadaya masyarakat yang mengelola anak asuh dan sebagainya itu dapat dilakukan.

Ia menambahkan bahwa konsep pendidikan anak jalanan dan anak putus sekolah ini akan mengacu pada boarding school. Sehingga pola pembelajaran efektif dan tak hanya pendidikan ilmu pengetahuan tapi juga keahlian.
"Karena kalau sekolah lalu pulang tak edektif. 

Jadi kita konsep boarding, nanti ada disana bengkel, jahit dan lainnya. Sehingga nanti setelah selesai mereka ada ijazah dan sertifikat keahlian,"urainya.

Disinggung mengenai tenaga guru, Zulinto mengaku akan menyediakan seperti konsep sekolah Filial atau guru yang mengajar di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Sehingga memanfaatkan guru sekolah yang ditunjuk. Atau juga memanfaatkan guru Honor Daerah (Honda) yang berkualitas.

“Hak mereka sama didalam undang-undang begitu juga di dalam perlindungan anak juga sama, artinya akan nanti akan kita akomodir bekerja sama dengan Dinas sosial karena mereka yang punya data dan Dinas tenaga kerja bagaimana kita mendidik keterampilan, kita akan buat sekolah filial (selfi) lagi yang akan kita pusatkan di SKB Dinas Pendidikan Kota Palembang,”jelasnya.

Menurut Zulinto, Untuk pelaksanaan pendidikan anak anjal tersebut, Tahun ini pihak Disdik akan membuat program, izin membentuk struktur dan selanjutnya pihak Disdik akan menggarap eksen, meskipun belum dibangun sekolah ini sudah ada, artinya dengan Dinsos, Dinas tenaga kerja, dan perlindungan anak kita sudah melaksnakan MoU, maka kita sudah mulai penerimaan murid, anak-anak yang tidak sekolah kita pindahkan dan akan di filialkan ke SD, SMP, SMA terdekat, untuk pelaksanaan ini juga kita akan minta dukungan dari Gubernur Sumsel.

“ Walikota Palembang pun sudah setuju dengan wacana ini, beliau pun sudah menganggarkan bahwa tahun 2020 sudah ada asrama untuk anak-anak anjal dan putus sekolah,”terang Zulinto.(ken)