Sumsel Juara 2 PESPARANI II Nasional

Sumsel Juara 2 PESPARANI II Nasional

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) II Katolik 2020 yang semula direncanakan akan dilaksanakan di Kupang Nusa Tenggara Timur ini menjadi ditunda akibat pandemi Covid-19. Pesta dua tahunan Pesparani 2020 kali ini yang bertajuk Satu Nusantara Bersaudara dalam Keberagaman turut melambangkan semangat kebangsaan yang universal, sebagai momentum kebangsaan bukan semata-mata kegiatan agama melainkan kegiatan berbangsa. Bagaimana mencari relevansi agama dalam konteks berbangsa.  Pesparani kali ini dilaksanakan secara virtual oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN  dan daerah se-Indonesia bekerja sama dengan Komsos Konferensi Waligereja Indonesia dalam Virtual Choir Festival diikuti 27 Provinsi se-Indonesia yang terdiri dari 500 penyanyi, 1200 pemusik ikut berpartisipasi dalam Virtual Choir Festival dari tanggal 28 Oktober hingga 10 November 2020.  Selama 14 hari setiap pukul 17. 00 WIB ditayangkan penampilan dari masing-masing provinsi dan dimulai dengan pesan kebangsaan oleh tokoh nasional seperti Menkopolhukam, Menteri Pariwisata, Dirjen Bimas Katolik dan berbagai artis nasional. Tiap provinsi menampilkan satu lagu daerah dan satu lagu liturgi dengan durasi 2-5 menit.

Virtual Choir Festival Provinsi Sumatera Selatan menampilkan lagu daerah medley Dirut, Gending Sriwijaya dan Pempek Lenjer, lagu liturgi berjudul Bawalah Persembahan dirigen Lala Gozali pada penutupan tanggal 10 November 2020.  Tim Penilai Dewan Juri menyatakan Sumatera Selatan sebagai Juara 2.
Realese Ketua LP3KN Provinsi Sumatera Selatan yang disampaikan oleh Hendro Setiawan Kamis (19/11) menempatkan Virtual Choir Festival dari Provinsi Sumatera Selatan sebagai Juara 2 dengan perolehan nilai 88,38 setelah Provinsi Jawa Tengah sebagai juara pertama dan Kalimantan Timur juara 3.  “Ini perjuangan bersama tim Pesparani Sumsel anak dan dewasa untuk tetap berprestasi di tengah badai pandemi Covid “ kata Hendro. (daris)