Sumpah Jabatan Kades dan Ketua RT/RW se-Kecamatan BA III

Sumpah Jabatan Kades dan Ketua RT/RW se-Kecamatan BA III
Suasana pengambilan sumpah para kades di Kecamatan Banyuasin III dan pengukuhan Ketua RT/TW sekecamatan Banyuasin III

BANYUASIN, MEDIA SRIWIJAYA — Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Penjabat Kepala Desa dan Pengukuhan Ketua RT/RW di Lingkungan wilayah Kecamatan Banyuasin III, Pangkalan Balai, Kabupaten Banyuasin diselenggarakan di halaman Kantor Camat Banyuasin III, Kamis (23/01).

Pengukuhan Ketua RT/RW ini meliputi 5 (lima) Kelurahan yang ada di Kecamatan Banyuasin III yakni Kelurahan Pangkalan Balai, Kedondong Raye, Seterio, Mulia Agung dan Kayuara Kuning sejumlah 169 orang.

Pelantikan dihadiri oleh Bupati Banyuasin H. Askolani SH MH didampingi oleh ketua PKK Dr Sri Fitriyanti Askolani.

Camat Banyuasin III Dra. Yuni Khairunisa, M,Si mengucapkan terimakasih kepada Bupati Banyuasin yang sudah menghadiri acara pelantikan dan selamat untuk kepala desa yang baru saja dilantik.

"Hari ini ada beberapa Kecamatan yang melakukan pelantikan OPD, tetapi hanya Kecamatan Banyuasin III yang dihadiri oleh Bupati," ucapnya kepada Bupati Askolani.

Yuni berharap kepada Kepala desa yang baru bisa membantu mewujudkan program Banyuasin Bangkit.

"Saya selaku camat Banyuasin III berharap Kepala Desa, RT/RW bisa mewujudkan program Banyuasin cerdas, religius, infrastuktur bagus dan program petani bangkit," tuturnya, Karna kedepannya banyak sekali program-program dari pemerintah Kabupaten Banyuasin yang akan kita jalankan.

Lanjut Yuni, mengharapkan kepada Ketua Rukun Warga (RW) dan Ketua Rukun Tetangga (RT) yag baru saja dikukuhkan bisa menjadi ujung tombak kegiatan di desa, dan memahami tugasnya sehingga terjalin hubungan baik.

"Saya berharap kepada RW dan RT bisa menjadi ujung tombak gotong royong, karena ini tidak bisa lepas dari dukungan RW dan RT," ucap Yuni, kami berharap anda semua bisa mengembangkan desa dengan baik.

"Dan untuk ketua RW diharapkan bisa memberikan laporan jika di desanya ada orang yang tidak mampu, anak putus sekolah, ibu hamil agar bisa diberikan bantuan,"

Yuni menambahkan, di Kecamatan Banyuasin 3 sudah menjalankan program bantuan untuk keluarga yang terkena musibah kematian (Begemat).

"Begemat yaitu program bantuan kepada kepada keluarga tidak mampu yang mendapat musibah kematian, berupa 10 dus air mineral, beras 20 kg, dan uang duka, selain itu, keluarga ahli musibah mendapat pelayanan administrasi kependudukan berupa akte kematian dan perubahan Kartu Keluarga (KK)," jelasnya dihadapan Bupati Banyuasin dan para tamu undangan.

Selain itu, Kecamatan Banyuasin 3 juga sudah menjalankan program Bantuan Benarak untuk anak dan emak. "Beranak yaitu bantuan yang diberikan untuk ibu hamil berupa makanan tambahan sampai dengan melahirkan bagi keluarga tidak mampu, ketika si ibu melahirkan, akan mendapat pelayanan administrasi kependudukan berupa perubahan Kartu Keluarga (KK) Akte kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA)," katanya.

Sementara itu, Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH, MH mengucapkan selamat atas dilantiknya sebagai Penjabat Kepala Desa, RT dan RW yang telah dikukuhkan agar dapat menjalankan tugas-tugasnya sebaik mungkin ke depannya.

“Saya ingin kita bersatu padu, bekerja keras, cerdas dan ikhlas dalam membangun Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera. Saya bangga akan kinerja Kecamatan Banyuasin III yang telah menjalankan dukungan akan program-program Banyuasin Bangkit. 7 program prioritas pembangunan Banyuasin terus dilakukan agar pencapaian pembangunan dan kesejahteraan masyarakat terwujud. Wujud nyata itu sudah terlihat dengan pembangunan jembatan, jalan dan program petani Bangkit. Ke depan saya juga ingin agar RT mampu membantu dengan mengenal setiap warganya, data tentang masyarakat yang ada di lingkungan RT nya, baik anak yatim, janda, keluarga tidak mampu dan lain-lain agar semangat membangun bersama dapat menciptakan Banyuasin Prima ke depan,” ujarnya (ydp)