Senator Arniza Nilawati Apresiasi Penerima PKH Warga SP Padang OKI, Semangat Membentuk Embrio Usaha

OKI, mediasriwijaya.com – Senator Arniza Nilawati, S.E., M.M., mengapresiasi semangat dan ketekunan masyarakat penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) Warga masyarakat Sirah Pulau Padang (SP) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), karena ditengah pandemi Covid-19 terus berusaha menggalakkan setiap program yang disuguhkan oleh PKH dalam menciptakan embrio usaha untuk menghasilkan pendapatan sendiri.

Hal ini disampaikan Anggota DPD RI Komite IV Arniza Nilawati, S.E., M.M., saat menggelar silaturahmi dengan masyarakat penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Sirah Pulau (SP) Padang, Kabupaten OKI, pada hari Kamis (26/8/2021).

Kegiatan yang bertempat di Kantor Kecamatan SP Padang Kabupaten OKI, yang dihadiri Camat, Staf Kecamatan, Koorwil PKH Sumsel, Pendamping PKH dan masyarakat penerima manfaat PKH di Kecamatan SP Padang.

Dalam forum silaturahmi ini, senator Arniza Nilawati memberikan pencerahan kepada masyarakat yang termasuk pada kelompok Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH agar dapat memulihkan kembali ekonomi rumah tangganya demi menjaga kualitas hidup anggota keluarga yang ada didalamnya, terutama pada anak usia sekolah.

“Hal ini dilakukan pemerintah mengingat kelompok KPM adalah kelompok masyarakat yang banyak bergantung pada Usaha Mikro (UMKM). Dimasa Pandemi ini, UMKM sangat terdampak dengan menurunnya omset usaha bahkan mengalami kebangkrutan akibat menurunnya daya beli masyarakat karena hilangnya pekerjaan” ulasnya.

Disisi lain, pengeluaran rumah tangga masih sulit dikurangi karena pemenuhan kebutuhan primer keluarga tidak dapat dihindari. Keterpurukan masyarakat ini membuat pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk memulihkan kondisi ekonomi nasional agar roda perekonomian masyrakat tetap berputar.

Ia menuturkan, berbagai usaha yang ditempuh pemerintah memulihkan ekonomi terangkum dalam Program Kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam bentuk Bantuan Sosial antara lain Bantuan Sembako, Bantuan Langsung Tunai, Bantuan Pangan Non Tunai, Bantuan Subsidi Listrik, dll. Seluruh program bantuan sosial yang digelontorkan pemerintah adalah dalam membantu masyarakat mempertahankan kondisi ekonomi rumahtangganya agar tidak terpuruk dan mengentaskan kemiskinan masyarakat.

Lebih lanjut senator menjelaskan bahwa, program PEN juga mencakup program kebijakan mengenai peraturan keuangan dalam bentuk restrukturisasi kredit dalam berbagai bentuk seperti kemudahan pengajuan modal usaha mikro, pemberian subsidi bunga pinjaman dan penangguhan pemenuhan kewajiban kredit modal.

Senator yang sangat dekat dengan masyarakat ini juga menambahkan, keberhasilan semua program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan yang dijalankan dari PKH tidak akan terlepas dari dukungan masyarakat KPM itu sendiri, mengingat saat ini dukungan regulasi dari pemerintah sudah sangat memudahkan terutama untuk pengembangan Usaha Mikro.

Karena menurutnya kelompok-kelompok usaha inilah yang nantinya akan membuat masyarakat dengan kategori rumah tangga miskin akan meningkatkan pendapatan yang pada akhirnya masyarakat dapat mandiri dan terlepas dari status miskin. sehingga harapan pemerintah dan masyarakat keseluruhan akan terwujud, yaitu menciptakan Indonesia sejahtera dan Indonesia Maju.

(Rzp/riil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *