Seleksi Lomba Keluarga Samawa

Seleksi Lomba Keluarga Samawa
teks:IST-Rapat Persiapan Lomba Keluarga Samawa, Bahagia Sejahtera Tingkat Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2020, di Ruang Rapat Guest House Griya Bumi Serasan Sekate

* Di 15 Kecamatan di Muba

SEKAYU, MEDIASRIWIJAYA - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Rapat Persiapan Lomba Keluarga Samawa, Bahagia Sejahtera Tingkat Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2020, di Ruang Rapat Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Senin (28/9).

Rapat dipimpin Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Muba H Yudi Herzandi SH MH, diikuti oleh Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada, dan Kepala Perangkat Daerah terkait, serta seluruh Camat yang mengikuti secara virtual. Menurut penjelasan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dewi Kartika SE MSi lomba yang dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional dan Hari Kesehatan Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Selatan tersebut tahun ini adalah launching tahun pertama yang merupakan keinginan Provinsi Sumsel. "Maka Pak Bupati menginstruksikan kepada kita agar melakukan seleksi dari 15 kecamatan untuk mendapatkan wakil mengikuti lomba tersebut di tingkat provinsi," tuturnya.

Ia mengharapkan pihak kecamatan dapat segera melakukan seleksi untuk keluarga samawa tersebut dan paling lambat administrasi diserahkan pada tanggal 10 Oktober 2020 dan setelah itu akan diseleksi kembali untuk mengikuti lomba tingkat provinsi pada tanggal 15 Oktober 2020. "Untuk kriteria dan syarat, di antaranya keluarga memiliki anak kandung maksimal dua orang, kemudian sebagai anggota aktif keluarga berencana, umur istri minimal 35 tahun dan membuat film dokumenter kehidupan keseharian," imbuh Dewi. Lanjutnya pemenang dari lomba ini akan diberangkatkan umroh gratis. "Pesan dari provinsi kalau tidak menjadi juara kita harus tetap membinanya dan menjadi contoh keluarga samawa tingkat kabupaten," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Asisten I Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH mengimbau kepada seluruh camat agar segera melakukan aksi seleksi karena mengingat waktu yang tidak banyak lagi. "Kita ikuti saja, dan persiapkan saja dulu keluarga yang memenuhi kriteria," kata Yudi.

Sementara itu Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada mengatakan Pemerintah Kabupaten Muba perlu koordinasi lebih lanjut kepada Pemerintah Provinsi Sumsel terkait kriteria peserta yang akan mengikuti lomba."Kepada pak camat silahkan cari, tolong jangan fokus satu kecamatan satu pasangan keluarga," tandasnya. (rel)