Sekda Muara Enim Resmikan Posko Pencegahan Covid- 19

Sekda Muara Enim Resmikan Posko Pencegahan Covid- 19

MUARAENIM, MEDIASRIWIJAYA - Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim H. Hasanudin, Mewakili Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah meresmikan posko pengendalian dan pencegahan Covid-19  Kabupaten Muara Enim , bertempat di Pasar Inpres Kelurahan Pasar II , Kecamatan Muara Enim, Kamis (15/12).

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan bahwa posko ini di bentuk untuk lebih mengintensifkan sosialisasi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 karena saat ini angka penyebaran Covid19 di Kabupaten Muara Enim masih menunjukkan tren meningkat, sampai tanggal 14/07/2020 tercatat pasien yang positif covid berjumlah 102 orang dari angka tersebut sudah ada 3 orang yang meninggal dan masih berkemungkinan untuk meningkat sebab sampel swab yang dikirim masih cukup banyak, hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan. "Pasar inpres Muara Enim dipilih sebagai lokasi posko karena pasar merupakan pusat keramaian yang sangat berpotensi untuk menjadi daerah penyebaran covid-19 di Kecamatan Muara Enim yang menjadi zona merah bersama Kecamatan Lawang Kidul.  Salah satu penyebab masih tingginya angka penularan covid19 disebabkan oleh masih rendahnya kepedulian masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan terutama protokol 3 M (menggunakan masker,mencuci tangan dan menjaga jarak) serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat, " jelasnya.

Masih katanya pembentukan posko ini merupakan tindak lanjut dari rapat terakhir gugus tugas Covid-19 dan akan beroperasi selama dibutuhkan, dengan adanya posko ini diharapkan menjadi pusat kendali penyebaran covid-19 di kecamatan Muara Enim terutama di lingkungan pasar. Para petugas yang terdiri dari unsur Tni-Polri,BPBD,satpol PP dan OPD terkait diberikan tugas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terutama para pedagang tentang protokol kesehatan bila perlu diberikan unsur penekanan.“Kita harapkan agar para petugas dapat menghimbau kepada masyarakat bila perlu diberikan sedikit penekanan tentang protokol kesehatan, walaupun tidak juga terlalu keras seperti yang kita lihat di india” seloroh hasanudin.

Sementara itu, Dandim 0404/Muara Enim melalui Kasdim Mayor (Inf) Sugeng menyampaikan agar posko ini simbolis saja. "Saya meminta agar para petugas yang siaga di posko untuk menjadwalkan keliling di pasar terutama saat ramai untuk menghimbau protokol kesehatan di masyarakat, " ucapnya.

Turut hadir dalam acara peresmian ini Kasdim 0404/Muara Enim Mayor (inf) Sugeng, Perwakilan Polres Muara Enim Iptu Yeri, Kadinkes,Kepala BPBD,Dinas Kominfo,Satpol PP.(ganda)