SD Xaverius 2 Siapkan Program Adiwiyata Tingkat Provinsi

SD Xaverius 2 Siapkan Program Adiwiyata Tingkat Provinsi
Foto: daris -

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup setiap tahunnya mengapresiasi sekolah dari tingkat SD-SMP-SMA untuk mengikuti program Sekolah Adiwiyata yaitu sekolah yang peduli lingkungan hidup. Dalam masa pandemik covid-19 saat ini, Dinas Lingkungan Hidup kota Palembang  menunjuk SD Xaverius 2 Palembang dan beberapa sekolah lainnya untuk mengikuti program Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sumatera Selatan. 

Kepala Sekolah SD Xaverius 2 Palembang Frater Innocentius BHK Benyamin Yohanes Rate S.Pd mengatakan perlunya mengoptimalkan keberadaan sekolah Adiwiyata menjadi satu diantara langkah untuk menyiapkan penilaian yang mengarah pada kepedulian lingkungan hidup, seperti kebersihan dan keasrian Kota ini. “Dengan cara mendorong perbaikan kualitas lingkungan hidup. Seperti dalam pengelolaan sampah, penghijauan, sanitasi, dan pembiasaan hidup sehat maka akan  tercipta lingkungan sekolah yang sehat dan bersih diharapkan berdampak bagus terhadap penilaian, dan  Kota Palembang kembali memenuhi target untuk bisa kembali meraih penghargaan Adipura,” kata Benyamin.
Program Adiwiyata ini merupakan program pendidikan lingkungan hidup yang sangat menunjang pada pencapaian standar lulusan di sekolah, dengan berkembangnya karakter yang dibiasakan pada program sekolah Adiwiyata ini melalui tiga prinsipnya, yaitu edukatif, partisipatif dan berkelanjutan. Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata, Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, dan Program Adiwiyata adalah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. “Untuk mendapatkan hasil yang bagus, tidak hanya bisa dinilai dari Sekolah Adiwiyata. Kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat dengan menjaga lingkungan disekitarnya sangat diperlukan, “kata F Nurlelawati selaku ketua Tim Adiwiyata SD Xaverius 2 Palembang.  (daris)