Sampai Oktober, 11 Desa belum Bayar PBB

Sampai Oktober, 11 Desa belum Bayar PBB
Sekda Empat Lawang, H Edison Jaya memberikan piagam Kepada Camat yang dinilai taat bayar pajak.(foto ist)

EMPATLAWANG, MEDIASRIWIJAYA - Sebanyak 11 desa dari 147 desa di kabupaten Empat Lawang dari Januari hingga Oktober 2019, capaian pembayaran Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) masih nol persen.

Sebelas desa tersebut diantaranya desa Baturaja Baru, desa Kebon, Suka Kaya, Taba, Muara Saling, Puntang, Bandar Aji, Karang Dapo Baru, Tapa Baru, Marta Pura dan Fajar Bakti.

"Untuk desa-desa yang belum melunasi PBB-P2 kami menghimbau camat dan kadesnya untuk mengajak masyarakat bersama-sama agar melunasi kewajibannya membayar pajak," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Empat lawang, H Edison Jaya, pada saat membuka kegiatan bulan bakti PBB-P2, melansir sripoku, pekan lalu.

Edison mengapresiasi bagi desa dan camat yang sudah mencapai 100 persen dalam melakukan pelunasan wajib pajak, karena target yang diberikan pemerintah melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) sudah tercapai.

"Hari ini juga ada reward bagi camat dan Kades yang sudah lunas pajak, dengan harapan kedepan bisa ditingkatkan kembali peran serta masyarakat yang sadar akan kewajiban membayar pajak khususnya warga masyarakat Bumi saling keruani sangi kerawati, sebab PBB ini juga menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Chandra, Jum'at (25/10/2019), mengatakan kegiatan bulan bakti tersebut ialah bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada camat dan ades yang peduli pajak dan taat hukum sehingga diberi hadiah berupa piagam dan bingkisan.

"Target kita tahun ini sebesar Rp. 911.831.941 ,- dan untuk realisasi sampai Oktober ini sudah mencapai Rp. 918.639.696.- atau 100.57 persen,Oleh karena itula kami sudah menyiapkan beberapa hadiah seperti sepeda motor dan mesin cuci yang berasal dari anggaran BP2RD," katanya.(net)