RS Polri Muh Hasan Palembang Layani Pemeriksaan Titer Antibodi Covid 19

RS Polri Muh Hasan Palembang Layani Pemeriksaan Titer Antibodi Covid 19

PALEMBANG, MEDIA SRIWIJAYA - Rumah Sakit Polri Muhammad Hasan Palembang, menjadi salah satu rumah sakit yang melayani pemeriksaan Titer Antibodi Covid - 19, Kamis (14/1).

"Saya memberikan informasi jika pelayanan baru RS Polri Mohamad Hasan Palembang, terkini terkait pelayanan baru terkait penanganan Covid-19 yaitu Pemeriksaan Titer Antibodi Covid-19," ungkap Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri. 

Dijelaskan Kapolda Sumsel, seperti kita ketahui antibodi adalah zat kimia yang beredar di aliran darah dan termasuk sebagai bagian dari sistem imunitas atau kekebalan tubuh. "Antibodi memiliki fungsi penting bagi tubuh, yaitu sebagai benteng pertahanan terhadap antigen seperti virus, bakteri, dan zat beracun yang menjadi penyebab penyakit." jelasnya.

Antibodi sendiri bekerja secara spesifik dengan cara menempel pada antigen, yaitu benda asing atau zat yang masuk ke dalam tubuh dan dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh. Antibodi dibuat oleh sel darah putih sebagai respons tubuh untuk melawan bakteri, virus, dan zat beracun yang dapat menimbulkan berbagai penyakit dan infeksi.

"Untuk itulah di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini sangatlah penting untuk kita lebih waspada dan memperhatikan kesehatan kita agar kita tidak tertular oleh virus corona/covid-19.

 Hal inilah yang membuat RS Polri Moh. Hasan berinisiatif untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan dan fasilitas terbaru untuk melawan virus corona dengan melakukan pemeriksaan titer antibodi covid-19," terang Irjen Pol Eko.

Kapolda juga mengatakan bahwa Pemeriksaan Titer Antibodi Covid-19 ini berfungsi untuk mengetahui dan memeriksa kadar antibodi atau kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19 yang sudah ada atau belum serta cukup atau tidaknya kekebalan tubuh pada seseorang. 

Untuk itu masyarakat di Kota Palembang tidak perlu merasa khawatir lagi untuk memeriksakan kesehatannya terkait covid-19 karena pemeriksaan titer antibodi covid-19 ini sudah dapat di lakukan di Kota Palembang. 

"Saat ini baru RS Polri Moh. Hasan Palembang dan RS Charitas yang memiliki pelayanan tersebut. Harga untuk pemeriksaan titer antibodi covid-19 ini sangat terjangkau hanya dengan Rp.185.000,- saja kita sudah bisa menikmati fasilitas pelayanan kesehatan terbaru ini,"ujarnya.

Untuk itu, Kapolda Sumsel berharap kepada warga masyarakat sumsel, dalam melaksanakan dan mengunakan pelayanan baru tersebut, agar dapat segera memutar rantai pademi covid - 19 tersebut.

"Besar harapan saya, semoga dengan adanya pelayanan terbaru ini dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19 dan kesehatan kita khususnya masyarakat Kota Palembang Sumsel dapat terjaga. Mari bersama kita lawan corona dengan mematuhi protokol kesehatan dan memeriksakan kesehatan kita secara berkala," imbaunya.

Sementara itu, Kepala Rumah Sakit Polisi Muhammad Hasan, AKBP Wahono Edhi P, terkait kekhawatiran masyarakat terkait titer Antibodi Covid - 19, beliau menuturkan jika efeknya sama seperti vaksin- vaksin lainnya. 

"Efeknya bisa ada bisa tidak, tergantung orangnya, sama seperti vaksin -vaksin yang lain," jelasnya.

Diterangkan AKBP Wahono, orang- orang yang tidak boleh mendapat vaksin Sinovac, konfirmasi penderita covid-19, ibu hamil atau menyusui, mengalami gejala ISPA seperti batuk pilek sesak nafas dalam 7 hari terakhir, memiliki riwayat alergi berat atau mengalami gejala sesak nafas bengkak dan kemerahan setelah vaksin covid sebelumnya, sedang mendapat terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah, menderita penyakit autoimun sistemik seperti SLE Lupus Sjogren vaskulitis dan automun lainnya dan menderita penyakit jantung Seperti gagal jantung penyakit jantung koroner, menderita penyakit rematik autoimun atau rematik arthritis, menderita penyakit saluran pencernaan kronis, menderita penyakit hipertiroid atau hipotiroid karena autoimun, menderita penyakit kanker kelainan darah, menderita penyakit diabetes melitus, menderita HIV dan memiliki riwayat penyakit paru seperti asma PPOK dan TBC," jelasnya.

Untuk biaya, dijelaskan beliau, untuk pemeriksaan Titer Antibodi Covid - 19, seharga Rp 185.000 dan bagi masyarakat yang ingin menikmati pelayanan Titer Android Covid - 19 silakan menghubungi 0711-414855 atau  0711-410023 atau datang langsung ke RS Polri Mohammad Hasan Palembang. (Ly).