RPH Banyuasin Dibiarkan Mubazir 

RPH Banyuasin Dibiarkan Mubazir 
foto: ydp/ms - Suasana di Rumah Pemotongan Hewan Banyuasin

BANYUASIN, MEDIA SRIWIJAYA – Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang berada di lingkungan V Kampung Sawah Kelurahan Rimba Asam Kecamatan Betung Banyuasin saat ini belum beroperasi.

Meskipun kondisi bangunan terawat, tapi sayangnya sepi dari aktivitas baik pegawai maupun pemotongan hewan. Warga menyayangkan aset milik negara tersebut dibiarkan mubazir.

Warga setempat Ferianto, Senin (12/1) mengungkapkan bahwa bangunan gedung RPH itu belum difungsikan oleh instansi terkait. Disayangkan untuk apa dibangun kalau tidak di manfaatkan.

“Iya, belum pernah ada pemotongan hewan disana, sejak dibangun beberapa tahun yang lalu,” katanya.

Meskipun begitu, gedung RPH tersebut ada petugas yang merawatnya. Sehingga sekitar gedung tampak bersih dan rapi. “Sering ada mobil dinas yang datang, mungkin mengecek dan kegiatan lainnya,”terangnya.

Harapan dirinya segera difungsikan oleh instansi terkait, soalnya gedung tersebut terlihat sepi aktivitas. “Jangan sampai gedung RPH yang dibangun miliaran terkesan mubazir,”bebernya.

Sementara Kabid Peternakan, Syahrial, yang dimutasi menjadi salah satu Kasi di Dinas PUTR Banyuasin menyebutkan memang belum beroperasi karena terkendala fasilitas yang belum lengkap.

 “Seperti listrik baru terpasang dan dibangun penampungan air, sebelum itu jembatan pernah ambruk tapi saat itu juga selesai dibangun. Iya, secepatnya dioperasikan, mungkin pemotongan hewan yang diarahkan ke RPH, supaya cepat dioperasikan,” tandasnya.(ydp)