Prodi SPI FAHUM Laksanakan PPL di Masa Pandemi

Prodi SPI FAHUM Laksanakan PPL di Masa Pandemi
foto: IST - Prodi SPI FAHUM Laksanakan PPL di Masa Pandemi

PALEMBANG, MEDIA SRIWIJAYA - Masa pandemi covid 19, memiliki dampak yang sangat luar biasa tidak terkecuali pada dalam pelaksanaan pendidikan di UIN Raden Fatah Palembang. Program PPL atau praktik pembelajaran lapangan adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa, yang meliputi praktik pembelajaran lapangan. Tahun ini, angkatan 2018 prodi Sejarah Peradaban Islam mendapatkan jadwal PPL di masa pandemi Covid 19.  Berbeda dengan tahun tahun sbelumnya, PPL kali ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada. Sebelum melaksanakan PPL ini, mahasiswa SPI telah mendapatkan pembekalan terlebih dahulu, sehari sebelum dilaksanakannya PPL, Rabu  (24/2). 

Dalam sambutan PPL, Ketua Prodi Sejarah Peradaban Islam, Otoman, S.S., M.Hum mengharapkan mahasiswa yang melaksanakan kegiatan PPL, agar dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki, walaupun dilakukan pada saat pandemi. 

Sebanyak 55 mahasiswa SPI melaksanakan kegiatan PPL di beberapa lokasi diantaranya, Istana Kesultanan, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Komunitas Pecinta Antik (KOMPAKS), Balai Arkeologi, Museum AK Gani, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Museum Monumen Ampera, Museum Negeri Sumatera Selatan, dan untuk pertama kalinya mahasiswa SPI mengadakan PPL di Palembang Ekspress.

Dosen sekaligus Sekretaris Prodi, Fitria M.Hum mengungkapkan bahwa PPL kali ini jangan sekadar datang saja, melainkan harus ada ilmu yang didapat, serta mampu memberikan output yang bermanfaat bagi prodi maupun tempat lokasi PPL, ucapnya, Rabu, (24/2) lalu.

Selain diawasi dosen pembimbing lapangan, PPL tahun ini juga melibatkan asisten dosen pendamping lapangan, yang merupakan mahasiswa pilihan prodi SPI dari angkatan 2017. Mereka diharapkan mampu membimbing adik tingkat mereka yang sedang melaksanakan kegiatan PPL. (USWA/ARI)