Prancis 4-2 Kroasia: Les Bleus Jawara Piala Dunia 2018

Prancis 4-2 Kroasia: Les Bleus Jawara Piala Dunia 2018
Prancis resmi menjadi jawara Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia 4-2 dalam pertandingan final, di Luzhniki Stadium, Moscow, Minggu (15/7). (fifa.com/net)

MEDIASRIWIJAYA.com — Prancis menjadi jawara Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia 4-2 dalam pertandingan final, di Luzhniki Stadium, Moscow, Minggu (15/7). 

Pertandingan final yang berjalan seru dan penuh drama di Moscow, mulai dari hujan gol, kontroversi VAR, gol bunuh diri, gol penalti, gol jarak jauh, hingga blunder fatal kiper.

Total enam gol tercipta di pertandingan ini, empat gol dari Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Paul Pogba, dan bunuh diri Mario Mandzukic memastikan titel Piala Dunia kedua untuk Les Bleus. Sedangkan, Kroasia sempat memberi perlawanan lewat Ivan Perisic dan Mandzukic, namun tak banyak menolong.

Selama 15 menit awal, Kroasia memegang kendali permainan. Berulang kali, pergerakan Ivan Perisic dari sisi kiri merepotkan barisan pertahanan Les Bleus.

Namun, justru Timnas Prancis yang membuka keunggulan pada menit ke-18 melalui tendangan bebas Antoine Griezmann yang kemudian meluncur deras ke gawang setelah mengenai kepala Mario Mandzukic yang berusaha menghalau datangnya bola.


Proses terjadinya gol pertama Prancis (fifa.com/net)

Tertinggal satu gol, Kroasia mencoba menggencarkan gempuran dan sepuluh menit kemudian, mereka berhasil menyamakan skor. Menerima umpan Domagoj Vida, penggawa Inter Milan itu melepaskan tembakan keras yang tak mampu dibendung Hugo Lloris.


Kroasia menyamakan kedudukan melalui Perisic (fifa.com/net)

Prancis kembali unggul pada menit ke-38 melalui eksekusi penalti Griezmann. Berawal dari sebuah insiden kontroversial tersaji ketika sebuah sepak pojok Prancis mengenai tangan Perisic, wasit Nestor Pitana melihat tayangan ulang dari VAR sebelum akhirnya menghadiahkan penalti. Skor 2-1 untuk Prancis bertahan hingga turun minum.


Griezman sukses menyarangkan bola ke gawang Kroasia melalui titik putih (fifa.com/net)

Tertinggal 1-2 di babak pertama membuat Kroasia terus berusaha meningkatkan serangannya di babak kedua. Permainan cepat terus diperlihatkan oleh Luka Modric dkk. untuk bisa mengejar ketertinggalan.

Pertandingan berjalan semakin menarik setelah lewat serangan balik cepat, Prancis berhasil memperbesar keunggulan pada menit ke-59 melalui gol yang dicetak Paul Pogba. Gelandang Manchester United ini melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, bola tembakan kaki kanannya sempat membentur pemain bertahan Kroasia dan bola rebound disambarnya kembali dengan tembakan kaki kiri yang tak bisa dihalau oleh kiper Kroasia, Danijel Subasic.


Sepakan kaki kiri Pogba memperbesar keunggulan Prancis menjadi 3-1 (fifa.com/net)

Enam menit berselang, Les Bleus unggul 4-1 setelah Kylian Mbappe mencatatkan namanya di papan skor. Mendapatkan umpan dari Lucas Hernandez, gelandang Paris Saint- Germain itu menempatkan bola di sisi kanan bawah gawang Kroasia.


Mbappe melakukan selebrasi usai mencetak gol ke-empat Prancis (fifa.com/net)

Kroasia berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-4 pada menit ke-69 lewat gol yang dicetak Mario Mandzukic. Kiper Prancis, Hugo Lloris, melakukan blunder bermaksud mengecoh Mandzukic di dalam kotak penalti. Sayang, bola mengenai kaki Mandzukic dan masuk ke dalam gawang Timnas Prancis.


Mandzukic memperkecil keunggulan memanfaatkan blunder kiper Prancis (fifa.com/net)

Tekanan pun kembali diperlihatkan oleh Kroasia untuk bisa kembali memperkecil ketertinggalan. Namun, hingga pertandingan berakhir tak ada satu pun gol tambahan yang tercipta. Les Bleus pun resmi menjadi juara Piala Dunia 2018. (net/berbagai sumber)