Polres Empat Lawang Amankan 10 Pucuk Senpira Selama Ops Senpi 2021

Polres Empat Lawang Amankan 10 Pucuk Senpira Selama Ops Senpi 2021
teks:IST- Kapolres Empat Lawang, AKBP Wahyu Sik, bersama jajarannya menunjukkan Senpira, dari hari Ops Senpi 2021 di halaman Mapolres Empat Lawang, Selasa, (30/3).

EMPAT LAWANG, MEDIA SRIWIJAYA - Sedikitnya 10 pucuk Senjata Api Rakitan (Senpira) Laras panjang dan Laras pendek, berhasil diamankan Polres Empat Lawang, selama OPS Senpi 2021.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolres Empat Lawang AKBP WAHYU,S.I.K didampingi Kabag Ops AKP HARSONO,S.H Kasat Reskrim MURSAL MAHDI, S.E.,M.M. dan Kapolsek Tebing Tinggi KOMPOL ASEP SUMPENA HIDAYAT, S.H., M.H., M.Si.

Kapolres Empat Lawang AKBP WAHYU S.I.K menjelaskan, selama 22 hari terlaksananya Ops Senpi Musi 2021 di wilayah hukum Polres Empat Lawang, total Senpira yang  berhasil didapat sebanyak 10 Senpi. Jumlah tersebut terdiri dari 8 serahan dari masyarakat, 1 TO Ops senpi Musi 2021 dan 1 Non TO Ops Senpi Musi 2021. "Dua pemilik Senpira, sudah diamankan di Mapolres Empat Lawang, karena memiliki Senpira. Sedangkan penyerahan Senpira secara sukarela, diwakili oleh Kades Sugiwaras, Baturaja Lama, Pancur Mas dan Ketua RT Lorong Arabia," ungkap Wahyu.

Wahyu juga menjelaskan, selama ini pihaknya sudah melakukan pendekatan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat serta himbauan ke masyarakat, agar segera menyerahkan Senpira secara sukarela. "Bagi yang menyerahkan Senpira secara sukarela, tidak akan diproses hukum. Sebaliknya, jika ditangkap anggota polisi karena memiliki Senpira, pastinya akan diproses hukum," jelasnya.

Kasatreskrim Polres Empat Lawang, AKP Mursal menambahkan, kepemilikan senjata api secara illegal bisa membahayakan masyarakat banyak, dan melanggar Undang-Undang Darurat Nomor 12/1951 tentang kepemilikan senjata api dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.  "Jika masih ada masyarakat yang memiliki Senpira, hendaknya segera menyerahkannya ke Polres ataupun Polsek. Kami jamin, tidak akan diproses hukum," tukasnya.(rodi).