Piaggio Kembangkan Vespa Listrik Baru, Dilengkapi Sistem Kecerdasan Buatan

Piaggio Kembangkan Vespa Listrik Baru, Dilengkapi Sistem Kecerdasan Buatan
Ilustrasi vespa Piaggio.

MEDIASRIWIJAYA.com - Piaggio sepertinya tak mau ketinggalan dalam urusan menghadirkan kendaraan ramah lingkungan melalui Vespa Listrik. Untuk menghadirkan produk tanpa emisi tersebut, produsen otomotif roda dua asal Italia ini rela menggelontorkan dana yang tidak sedikit.

Melansir laman Indianautos, Piaggio diketahui telah meminjam uang sebesar 70 juta Euro atau sekira Rp 1,1 triliun dari European Investment Bank.

Kucuran dana segar tersebut akan dimanfaatkan untuk membangun fasilitas penelitian dan pengembangan atau Research And Development (RnD), serta mengembangkan sepeda motor listrik terbaru.

Waktu pengembangan dan pembangunannya disebut akan dimulai dari 2019 sampai 2021. Namun ada kemungkinan, skuter listrik terbaru dari Piaggio ini akan meluncur 2021.

Sayangnya, dalam hal ini belum banyak informasi yang bisa terungkap terkait Vespa Listrik dari Piaggio. Hanya saja beberapa bocoran menyebutkan, produk ramah lingkungan teranyar ini nantinya sudah dilengkapi sistem kecerdasan buatan (AI).

Selain itu, ada teknologi baru lain yang dapat membantu pengendara memberitahu potensi kecelakaan saat berkendara. Bahkan, motor listrik itu akan menyediakan peta dan data lalu lintas secara real time.

Sebagai informasi, Piaggio sudah memiliki skuter listrik yang diberi nama Vespa Elettrica. Skuter ini pertama kali dipamerkan dalam ajang EICMA 2016, di Milan, Italia.

Pariwara vespa listrik [Vespa Global].

Selanjutnya skuter ini mulai diproduksi pada September 2018. Kemudian pada awal 2019 dipasarkan di Eropa. Sayangnya, Vespa Elettrica tidak tersedia untuk pasar Indonesia karena kapasitas mesin yang kecil.

Vespa Elettrica hanya dibekali motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga 5,3 Hp. Vespa mengklaim bahwa skuter ini mampu berjalan hingga 100 km dalam kondisi baterai terisi penuh.(net)