Pesan Kapolres Pagaralam pada Operasi Zebra Musi 2020 

Pesan Kapolres Pagaralam pada Operasi Zebra Musi 2020 
Foto: refi - Kapolres Pagaralam sedang membacakan amanat

PAGARALAM, MEDIASRIWIJAYA  – Kepolisian Negara Republik Indonesia Polda Sumsel  kembali melaksanakan operasi serentak dalam Jajaran Lalu Lintas melalui Operasi Zebra Musi 2020. Senin tanggal 26 Oktober 2020 sekitar pukul 08.00 WIB bertempat di Lapangan Upacara Polres Pagar Alam Kapolres Pagar Alam AKBP Dolly Gumara, SI.K, MH menjadi pimpinan. Apel gelar pasukan Ops Zebra Musi 2020. Apel yang diikuti Oleh para Pju Polres Pagaralam juga dihadiri oleh Dan Ramil Kota Pagar Alam, Kasat Pol PP Kota Pagar Alam, dan Kadishub Kota Pagar Alam, sedangkan para peserta apel mengirimkan 1 peleton masing-masing dari gabungan Personel Polres Pagaralam yaitu Lantas, Bhabinkamtibmas, ResIntel, TNI, dan Dishub, serta Peleton Pol-PP kota Pagaralam.

Pelanggaran lalu lintas operasi zebra musi 2019 sejumlah 17.972 lembar, meningkat 4 persen dari tahun 2018. Dominasi pelanggaran yaitu pengguna R2 tidak menggunakan Helm SNI, pengendara melawan arah, menggunakan Hp saat berkendara. 

Ops Zebra Musi 2020 dilaksanakan selama 14 hari terhitung sejak 26 Oktober 2020 s/d 08 November 2020 bertemakan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas guna terwujudnya Kamseltibcar lantas yang kondusif serta melaksanakan kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam rangka pentahapan pemilihan kepala daerah tahun 2020 di tengah wabah virus corona (covid-19). Pelaksanaan operasi mengutamakan tindakan preemtif dan preventif serta represif secara selektif.

Kapolres Pagar Alam AKBP Dolly Gumara, SI.K, MH menyampaikan amanat dari Direktur Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan, target penindakan pelanggaran lalu lintas disesuaikan dengan karakteristik wilayah masing-masing dan khusus untuk wilayah jajaran Polda Sumsel yaitu sebagai berikut pengguna sepeda motor yang tidak menggunakan helm, pengemudi ranmor tidak memakai safety belt, menggunakan kendaraan melawan arus, serta peneguran terhadap masyarakat yang tidak memakai masker.

Tujuan operasi untuk menurunkan titik lokasi kemacetan, pelanggaran, kecelakaan lalu lintas, guna terciptanya Kamseltibcar lantas pada saat gelaran pilkada serentak dan meningkatkan kezebraan masyarakat terhadap prokes. Kapolres kembali menyampaikan pesan Dirlantas Polda Sumsel kepada para kekuatan Ops Zebra Musi 2020 di masa pandemi covid 19 agar melaksanakan operasi ini dengan penuh tanggung jawab dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. "Petugas harus tetap melaksanakan Prokes dalam bertugas,"pintanya (Rep)